Sukses


Ratusan Pebulutangkis Muda dari Timur Indonesia Bakal Unjuk Kemampuan di Gowa Open 2021

Bola.com, Makassar - Ratusan pebulutangkis muda se-Indonesia Timur bakal unjuk kemampuan dalam turnamen Gowa Open 2021 yang akan berlangsung di GOR Sungguminasa, 5-11 Juli 2021.

Para peserta berasal dari pulau Sulawesi, Kalimantan, dan Papua untuk bertandingdi Gowa Open 2021 yang digelar dalam enam kelompok usia, yakni U-9, U-11, U-13, U-15, U-17 dan U-19.

"Ini turnamen pertama yang digelar tahun ini setelah vakum akibat wabah pandemi COVID-19," ujar Devo Khaddafi, Ketua Pengprov PBSI Sulsel pada jumpa media di Makassar, Rabu (30/6/2021).

Menurut Devo, turnamen ini terselenggara berkat kerja sama dengan PBSI Gowa yang tujuan utamanya menjaga pembinaaan bulutangkis di Indonesia Timur, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Turnamen ini sebenarnya digelar tahun lalu. Kami akhirnya bisa melaksanakannya karena Sulsel sudah dinyatakan zona hijau," tambah Devo.

Meski berstatus aman, Devo menegaskan pihak panpel tetap menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat, di antaranya pembatasan jumlah penonton, seluruh peserta wajb menyertakan surat bebas COVID-19 dan kewajiban memakai masker di lokasi pertandingan.

"Kami berharap turnamen ini bisa jadi percontohan. Alasannya, karena apa pun untuk pembinaan harus tetap berjalan," tegasnya.

Devo menambahkan selain Gowa Open, PBSI Sulsel juga mendapat jatah menjadi penyelenggara lokal untuk sirkuit nasional (Sirnas) bulutangkis yang dijadwalkan berlangsung pada Agustus mendatang.

"Semoga Sirnas bisa berlangsung sesuai jadwal dan berjalan lancar," terang Ketua Pengprov PBSI Sulsel itu.

 

Video

2 dari 2 halaman

Total Hadiah Rp120 Juta

Pada kesempatan yang sama, Ketua PBSI Gowa, Muh. Natsir Maudu, mengungkapkan pihaknya siap bekerja keras untuk menyukseskan acara ini.

"Gowa Open merupakan ajang terbaik untuk mengukur hasil pembinaan bulutangkis di daerah. Khusus di Gowa, bulutangkis merupakan cabang yang paling digemari selain sepak bola," kata Natsir.

Itulah mengapa, pihaknya tidak mendapat kesulitan berarti saat menggalang dana untuk membiayai turnamen. Termasuk menyediakan total hadiah uang sebesar Rp120 juta, nilai yang termasuk besar untuk hadiah turnamen bulutangkis di kawasan timur Indonesia.

"Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan dari sponsor, di antaranya Pegadaian, sejumlah developer perumahan, dan komunitas bulutangkis di Gowa," tambah Natsir.

Ketua panpel Gowa Open 2021, Daeng Tutu, menambahkan selain enam kategori diatas, pihaknya juga menggelar kategori dewasa dan eksekutif.

"Tujuan utama kategori adalah silaturrahmi sesama pecinta bulutangkis di Sulsel," pungkas Daeng Tutu.

Video Populer

Foto Populer