Sukses


Begini Cara Mengetahui Usia Kucing Dewasa

Bola.com, Jakarta Bagi pemula, tentu kamu akan bingung mengetahui usia kucing saat mengadopsi saat sudah besar. Biasanya dokter hewan akan memeriksa secara menyeluruh untuk mengetahui umur kucing.

Kamu bisa memperkirakan umur kucing dari kondisi fisik dan kelakukan kucing. Ada beberapa indikator yang bisa digunakan. Indikator tersebut di antaranya adalah:

Gigi

Gigi bayi awal kucing muncul pertama kali antara 2 hingga 4 minggu, menjadikan gigi sebagai penentuan usia yang sangat baik untuk anak kucing. Gigi permanen berkembang di atas gigi susu dan pada saat anak kucing berusia 3 hingga 4 bulan.

Biasanya, semua gigi dewasa sudah tumbuh pada usia 6 bulan. Pada kucing yang lebih tua, jumlah noda, atau karang gigi, pada gigi kucing juga merupakan indikator usia.

Kematangan Seksual

Kucing jantan mencapai kematangan seksual sekitar 5 bulan. Tanda-tanda pubertas antara lain adalah spraying urin yang lebih sering. Sementara kucing betina akan mengalami kematangan seksualnya antara usia 5 dan 12 bulan. Seekor kucing betina bisa hamil dan melahirkan anak pertamanya pada saat dia berumur 7 1/2 bulan.

Perkembangan bulu

Bulu anak kucing halus dan lembut, tetapi seiring bertambahnya usia kucing, bulunya akan menebal dan menjadi kasar. Ketika kucing mencapai status senior, ia bahkan dapat mengembangkan bercak putih atau abu-abu seperti manusia yang ubanan.

Mata

Anak kucing dan kucing yang sehat selama masa pemeliharaannya memiliki mata yang sangat jernih dan cerah, tanpa ada bukti adanya robekan atau pengeluaran cairan.

Sementara kucing di usia lanjut dapat mengembangkan tampilan mata mereka yang keruh, termasuk robek atau kotoran. Ini biasanya tidak terjadi sampai kucing berusia minimal 10 tahun.

Tak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan untuk si kucing. Berikan asupan kucing yang lebih bergizi dan kaya nutrisi, agar kucing tidak gampang sakit.

Salah satu makanan kucing yang memilki manfaat agar kucing tetap sehat dan lincah adalah Muezza. Muezza memperkuat tulang dan gigi saja tapi juga menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6.

Selain itu Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera juga sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin.

Selain keunggulan itu, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

 

(*)

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer