Sukses


Mengenal Miraitowa, Si Maskot Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Jakarta - Setelah ditunda selama setahun akibat pandemi Covid-19, Olimpiade Tokyo 2020 akan diselenggarakan pada 23 Juli 2021. Sebanyak 205 negara di dunia akan bersaing mencapai hasil terbaik.

Seperti perhelatan olahraga lain, Olimpiade Tokyo 2020 juga memiliki maskot resmi yang diberi nama Miraitowa. Dibuat oleh seniman Jepang, Ryo Taniguchi, maskot ini memiliki makna dan arti tersendiri.

Berdasarkan informasi yang dituliskan di laman resmi Olympics, Miraitowa diambil dari kata dalam bahasa Jepang. Kata "mirai" berarti masa depan, sementara "towa" adalah keabadian.

Nama tersebut mewakili harapan olimpiade kali ini yang mempromosikan masa depan yang penuh dengan harapan abadi di hati orang-orang di seluruh dunia. Corak kotak-kotak pada tubuh Miraitowa terinspirasi dari logo resmi Olimpiade Tokyo 2020.

Hal itu dimaksudkan untuk menggabungkan "tradisi lama dan inovasi baru". Karakter ini dilambangkan memiliki rasa keadilan yang kuat dan sosok yang sangat atletis. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Asal Usul

Komite Penyelenggara Tokyo 2020 mengadakan sebuah kompetisi untuk menentukan desain dari maskot yang akan ditampilkan. 

Dari 2.042 calon kandidat yang berpartisipasi, Komite Penyelenggara Tokyo 2020 pada akhirnya menyeleksi tiga kandidat terbaik dalam menentukan desain maskot, yakni Ryo Taniguchi, Kana Yano, dan Sanae Akimoto.

Pemilihan maskot dilakukan di 16.769 sekolah dasar di Jepang, dengan setiap kelas mewakilkan satu suara. Secara keseluruhan, 205.755 kelas sekolah dasar berpartisipasi dalam pemilihan ini.

Pada akhirnya, desain maskot karya Ryo Taniguchi lah yang dipilih dengan jumlah suara sebanyak 109.041 suara, jauh mengalahkan suara dari dua kandidat yang lain.

Olimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Anda bisa menyaksikan live streaming Olimpiade Tokyo 2020 secara gratis melalui aplikasi Vidio.

Sumber: Olympics

Penulis: Andrya Nabil (Vidio)

 
Bola Babes: Trip ke Sirkuit Mandalika Bikin Penasaran

Video Populer

Foto Populer