Sukses


Bikin Kucing Merasa Senang dengan Mengelus Bagian Dagunya

Bola.com, Jakarta Selain memberikan makanan kucing favorit, salah satu aktivitas yang ampuh untuk menyenangkan kucing adalah membelai atau mengelus tubuhnya. Tidak semua bagian tubuh yang bisa kamu belai. Kucing paling suka sekali dibelai bagian kepala punggung, dan dagunya.

Bila membelai kepala dan punggung adalah hal yang umum diketahui dan dilihat, bagaimana dengan area dagu? Seberapa sering kamu melihat kucing begitu merasakan kenikmatan saat dagunya dibelai-belai?

Ada Kelenjar Aroma

Dilansir dari The Nest, kucing memiliki banyak kelenjar aroma yang terletak di dagunya. Ituah sebabnya kamu sering melihat kucing menggosokkan area dagu ke kucing lain, benda-benda maupun manusia di sekitarnya. 

Kelenjar aroma ini menghasilkan feromon alami yang sangat penting bagi kucing untuk menandai wilayah maupun binatang lainnya dengan aroma yang menenangkan. Kucing memakai kelenjar aroma ini untuk mengidentifikasi anggota keluarganya, termasuk pemilik atau orang yang merawatnya.

Saat kita mengelus dagunya, feromon akan mengenai tangan kita dan kucing bisa mencium baunya sehingga menciptakan pengalaman yang menenangkan kucing.

Rasanya Nyaman dan Enak

Mengelus dagu akan mengingatkan kucing tentang perawatan yang dilakukan induknya saat masih kecil. Seperti diketahui, ketika kucing merawat diri, ada bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan lidah, terutama wajah dan kepala. 

Meskipun kucing bisa merawat dagunya dengan memakai cakar, namun kucing akan merasa lebih nyaman dan enak bila menggunakan tangan manusia yang terasa lebih lembut. Itulah mengapa sebagian besar kucing akan tampak begitu menikmati elusan di area dagu.

Faktanya lagi, pada pijat kucing, area di bawah dagu adalah area wajib yang tak boleh terlewatkan. Mengelus dagu kucing tidak hanya membuat teman berbulu merasa nyaman dan enak, tetapi juga bisa mempererat ikatan kita dengan kucing kesayangan.

2 dari 2 halaman

Hati-hati dengan Jerawat

Meskipun menyenangkan bagi kucing, sesuatu yang berlebihan termasuk menggaruk dagunya bisa memiliki sisi negatif. Seperti munculnya jerawat kucing. Jika dagu kucing kamu terasa berminyak dan bergelombang, lihat apakah jerawat bisa menjadi penyebabnya? 

Hindari menggaruk area tersebut dan awasi kucingmu untuk memastikannya tidak menggarukkan dagunya pada furnitur atau benda lain. Apabila sampai terluka dan terinfeksi, bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Sebagian besar kucing suka dagunya dielus-elus, tetapi perhatikan tanda-tanda ketidaknyamanan kucing seperti ekor yang berputar-putar atau suara mengeram. 

Umumnya, kucing senang dengan sesi belaian yang singkat, bila berulang-ulang dia kerap terganggu.

Untuk menjaga kesehatan kucing kesayangan, jangan lupa berikan makanan yang bernutrisi. Salah satunya adalah makanan kucing merk Muezza. Makanan kucing ini sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand sehingga pemilik kucing akan lebih tenang saat menyiapkan makanan maupun memberikan makan secara langsung.

Muezza tersedia dalam berbagai varian rasa lezat yang pastinya disukai kucing, mulai dari Tuna, Ocean Fish, Mackerel, hingga Salmon. Yuk, buruan sedia stok Muezza di rumah dengan belanja langsung di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer