Sukses


Bantu Kucing Tua Hidup Lebih Baik, Rutin Merawat Bulu dan Periksa ke Dokter Hewan

Bola.com, Jakarta Salah satu bagian terbaik dari memelihara kucing adalah mereka dapat hidup bersama pemiliknya selama bertahun-tahun. Sebuah pengalaman istimewa bisa melihat teman berbulu berubah dari anak kecil yang lucu dan aktif menjadi kucing dewas yang mandiri dan penuh kasih, sampai menjadi kucing senior yang berharga.

Rata-rata kucing dalam ruangan hidup sekitar 10 sampai 15 tahun, dan seiring siklus hidupanya kucing memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Untungnya, seiring bertambahnya usia kucing, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mereka merasa dicintai dan diperhatikan. Mulailah dengan langkah-langkah ini.

1. Pergi dokter hewan lebih sering

Penting untuk menjadwalkan pemeriksaan rutin untuk kucing kamu, karena dokter hewan dapat mengetahui kondisi yang belum bermasalah, tetapi dapat menjadi masalah jika tidak ditangani.

Dokter hewan juga dapat membantu memberikan perawatan pencegahan rutin yang membantu kucing menghindari masalah kesehatan yang serius seiring bertambahnya usia.

2. Beri kucing tempat nyaman untuk tidur

Seekor kucing senior membutuhkan banyak istirahat. Lebih dari itu kucing suka meringkuk di tempat yang hangat, dan seiring bertambahnya usia serta penurunan berat badan, kucing sangat menyukai area yang akan membuat mereka tetap nyaman dan hangat. Cobalah untuk menjauhkan kucing dari pintu, jendela, lorong, dan tempat berangin lainnya yang lebih dingin daripada bagian rumah lainnya.

2 dari 4 halaman

3. Dekatkan mainan mereka

Kucing senior tidak dapat melompat dan bermain seperti kucing yang lebih muda, jadi pastikan kamu menyimpan mainan kucing di tempat yang mudah dijangkau. kamu mungkin perlu jalur khusus sehingga kucing kamu dapat memanjat untuk mencapai benda atau tempat favoritnya.

4. Jadikan kotak sampah lebih mudah diakses

Pindahkan kotak pasir ke tempat yang mudah dijangkau untuk meningkatkan kemungkinan kucing senior kamu menggunakan kotak pasir daripada tempat lain di sekitar rumah. Jika kucing kamu mulai buang air di tempat lain selain kotak pasir, ada kemungkinan besar mereka mengalami masalah kesehatan yang serius. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan kamu.

 

3 dari 4 halaman

5. Bantu mereka merawat diri

Kucing kamu mungkin cukup pandai merawat bulunya sendiri dan merawat dirinya sendiri hampir sepanjang hidupnya. Namun, seiring bertambahnya usia kucing, perawatan menjadi lebih sulit, jadi kamu mungkin harus membantu.

Bersikaplah lembut, gunakan sikat atau sisir yang dirancang khusus untuk kucing. Rutin menyisir bulu kucing dapat membantu menghilangkan rambut rontok dan merangsang sirkulasi ke kulitnya, yang pasti dapat membantu kucing menjaga kulit dan bulunya tetap sehat.

6. Beralih ke makanan khusus kucing senior

Banyak pemilik hewan peliharaan memberi makan kucing mereka makanan kucing kering, pilihan hemat biaya yang memiliki umur simpan yang cukup lama. Namun, seiring bertambahnya usia kucing, kebutuhan nutrisinya berubah. Oleh karena itu, akan sangat membantu memberikan kucing makanan khusus lansia. Mintalah rekomendasi dokter hewan kamu berdasarkan gejala kucing kamu atau kondisi kesehatan apa pun yang mereka miliki.

4 dari 4 halaman

Makanan Kucing Dewasa

Untuk makanan kucing senior memang perlu lebih selektif sesuai dengan kondisi tubuh dan masalah-masalah kesehatan yang mungkin di alami. Sementara untuk kucing dewasa yang sedang aktif-aktifnya, kamu bisa memberikan makanan basah, kering maupun kombinasi basah/kering. 

Untuk makanan kucing kering sendiri sekarang ini ada lho makanan kucing yang tersertifikasi halal. Dia adalah Muezza, salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer