Sukses


Penyebab Kucing Menjadi Agresif di Malam Hari dan Cara Menanganinya

Bola.com, Jakarta Pernahkah kamu sedang berbaring di tempat tidur pada malam hari, mencoba untuk tidur tapi kemudian tiba-tiba kucing berlari mendatangimu untuk mengajak bermain? Jika demikian, kamu bukan orang pertama yang mengalaminya. 

Banyak pemilik kucing yang mengalami peristiwa yang sama di malam hari, saat kucing menjadi aktif seakan menerkam setiap tanda dan gerakan kamu. Ada sejumlah alasan yang menjadi penyebab perilaku ini. Memahami motivasi kucing bisa membantu pemilik untuk sedikit mentoleransi sekaligus menemukan cara mengurangi kecenderungan kucing yang aktif dan mengganggu tidur di malam hari.

Berburu di malam hari adalah naluri alami kucing

Kucing adalah pemburu sejati, baik itu kucing luar ruangan maupun dalam ruangan. Bagi kucing peliharaan mainan tikus bisa menjadi hiburan yang tampaknya tak ada habisnya. Waktu berburu yang kucing paling sukai adalah di saat malam. Hal ini tentunya bertentangan dengan waktu tidur manusia bila terjadi sesuatu berisik atau suara-suara kencang bisa mengganggu tidur.

Metode permainan yang perlu diperhatikan

Di banyak keluarga, tangan sering digunakan sebagai mainan anak kucing. Jika tidak ada mainan kucing terbaik yang tersedia dengan mudah, kamu dapat mendorong anak kucing untuk memukul tangan kamu atau mengejarnya. Seiring bertambahnya usia kucing, cakaran dan gigitan bisa menjadi lebih bermasalah. Belum lagi bila kamu terbiasa mengajak kucing bermain dengan selimut dan sejenisnya.

Permainan dengan tangan yang berlebihan bisa menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Kucing yang melihat tangan dan kaki kamu bergerak di bawah seprai akan dianggap sebagai undangan terbuka untuk bermain. Saat berguling di tempat tidur dan kaki kamu bergerak di bawah selimut, kucing tidak tahu bahwa kamu tidak tertarik pada waktu bermain.

2 dari 3 halaman

Cara Menangani Kucing yang Aktif di Malam Hari

Buat kucing lebih aktif di siang hari

Untuk membantu kucing beristirahat di malam hari, kamu perlu berinteraksi dengannya dan membuatnya lebih aktif di siang hari. Ini mungkin memerlukan beberapa kreativitas untuk menentukan jenis mainan yang disukai kucing. 

Ada berbagai mainan yang tersedia untuk memfasilitasi permainan seperti mainan laser dan mainan kucing interaktif. Lihat jenis mainan yang disukai kucing, lalu gunakan mainan ini pada waktu yang dijadwalkan dalam sehari. Ini memastikan bahwa kamu tidak akan melupakan waktu bermain kucing, sekaligus memberi kucing manfaat dari jadwal yang dapat diprediksi.

Buat rutinitas malam

Rutinitas sebelum tidur hanya untuk manusia, rutinitas itu juga dapat bermanfaat bagi hewan peliharaan. Sama seperti kita menikmati rutinitas yang ditetapkan untuk membantu kita bersantai, kucing kita dapat menyesuaikan diri dengan hal yang sama sebagai isyarat bahwa sudah waktunya untuk istirahat.

 

3 dari 3 halaman

Mulailah rutinitas kamu sekitar satu setengah jam sebelum tidur

Pertama, lakukan satu sesi bermain terakhir dengan kucing. Ini memberi kucing kesempatan terakhir untuk membuang energi berlebih yang terpendam sepanjang hari. 

Selanjutnya, beri makan kucing. Sama seperti manusia, kucing dengan perut kenyang lebih cenderung ingin beristirahat. Makan malam ini dapat diberikan di dari mangkuk makanan kucing.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Tepat sebelum kamu pergi tidur, luangkan waktu dengan kucing, berikan perhatian penuh. Jangan jadikan ini sesi bermain berenergi tinggi, karena kamu tentu tidak ingin kucing menjadi lebih bersemangat sebelum tidur! Sebaliknya, cobalah untuk mendorong kucing untuk menikmati pelukan, perawatan, atau interaksi sederhana lainnya.

Jika kucing menunjukkan perilaku agresif, lakukan yang terbaik untuk mengabaikannya. Seperti dengan berbaring diam sampai kucing kehilangan minat dan pergi. Selama kamu konsisten dan menghindari godaan untuk bereaksi terhadap permainan agresif malam hari, kamu akan mulai melihat peningkatan dalam beberapa hari hingga minggu setelah menerapkan rutinitas ini.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer