Sukses


Kucing Sehat Menolak Makan, Cat Lovers Bisa Lakukan 3 Hal Ini di Rumah

Bola.com, Jakarta Kucing tentu saja bisa sedikit rewel dan bahkan berhenti makan tanpa alasan yang jelas. Meski begitu, penting untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan serius yang menjadi penyebab kucing menolak makan.

Beberapa alasan medis yang paling umum bagi kucing untuk berhenti makan adalah penyakit ginjal, bola rambut, gigitan kucing, masalah pernafasan hingga limfoma. Bedanya penyakit gigi malah jarang menyebabkan kucing berhenti makan. Kucing umumnya terus mengunyah, tetapi ada beberapa jenis penyakit gigi yang dapat menyebabkan kucing menolak untuk makan makanan keras.

Jika kucing menolak makan bukan karena masalah medis dan dokter hewan kamu tidak merekomendasikan perawatan khusus, maka ada beberapa hal mendasar yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan nafsu makannya.

1. Jaga agar mereka tetap terhidrasi

Dehidrasi adalah akibat dari masalah mendasar tetapi dapat membuat pemulihan lebih lama dan lebih rumit. Jadi, pastikan kucing kamu mendapatkan banyak air. 

Jika kucing tidak bebas minum, kamu dapat mencoba menambahkan sedikit kaldu ayam rendah sodium atau jus tuna ke dalam air. Jika trik ini tidak berhasil, coba suntikkan sedikit air setiap satu hingga dua jam.

2 dari 2 halaman

2. Ganti makanan mereka (lagi)

Terkadang mengganti jenis makanan atau tekstur dapat membantu kucing mendapatkan kembali nafsu makannya. Namun, pastikan untuk memasukkan perubahan secara bertahap. 

Saat beralih dari satu makanan ke makanan lain, cobalah untuk memasukkan sedikit makanan baru ke dalam diet lama dan tingkatkan jumlah makanan baru setiap hari sambil mengurangi jumlah makanan lama. Hal ini akan membantu sistem pencernaan kucing untuk menyesuaikan diri dengan makanan baru tanpa menyebabkan gangguan.

3. Bantu kucing tidak stres

Meskipun kucing mungkin tidak tampak stres, jika kamu baru saja pindah ke rumah baru atau bahkan membawa pulang hewan peliharaan baru, kucing yang tidak tahu cara mengatasi perubahan baru dapat mengalami kurang nafsu makan. 

Jika stres tampaknya menjadi alasannya, beri mereka ruang di mana mereka bisa merasa nyaman. Misalnya ruangan yang jauh dari anak kucing baru, sehingga dia bebas  berkeliaran dan makan makanannya.

Jika tidak ada alasan medis, cobalah menukar makanan mereka dengan sesuatu yang baru, sekantong makanan basah seringkali merupakan pilihan yang baik. Cobalah menambahkan rasa baru pada makanan. Taburan serpihan makanan ikan benar-benar dapat meningkatkan aroma makanan dan mendorong kucing untuk makan.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer