Sukses


Mengenal Ariake Arena, Venue Bola Voli Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Jakarta - Olimpiade Tokyo 2020 akan diselenggarakan mulai tanggal 23 Juli. Olimpiade yang diselenggarakan di ibu kota Jepang ini diramaikan oleh 206 negara dari seluruh penjuru dunia. 

Diperkirakan sebanyak 11.500 atlet akan berpartisipasi dalam ajang empat tahunan ini, dilansir dari WeForum (12/7/2021).

Berbeda dengan Olimpiade sebelumnya yang mempertandingkan 28 cabang olahraga, Olimpiade Tokyo 2020 memainkan 33 cabang. Seperti yang dilansir dari Time (24/3/2020) lima di antaranya cabang olahraga baru yang debut tahun ini, yakni bisbol/sofbol, skateboard, selancar, panjat tebing, dan karate.

Bola voli menjadi satu di antara cabang permainan yang seru untuk dinantikan. Baik kategori pria maupun wanita, olahraga ini mempertemukan 12 negara yang akan melangsungkan pertandingannya mulai 24 Juli 2021. 

Olimpiade digelar di 42 tempat atau venue Olimpiade Tokyo 2020, termasuk Ariake Arena yang merupakan venue yang digunakan cabang olahraga voli.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Diresmikan Tahun Lalu

Ariake Arena, yang menjadi tuan rumah pada ajang olahraga bola voli di Olimpiade Tokyo diresmikan pada bulan februari 2020 silam dalam upacara yang memadukan olahraga, budaya, dan hiburan.

Saat itu, lebih dari 3.000 penonton menghadiri upacara peresmian arena yang terletak di Tokyo ini seperti yang dilansir dari Japan Today (03/02/2020).

Seperti diketahui, dua bulan sebelumnya, venue Stadion Nasional Jepang yang digunakan oleh ajang olahraga sepakbola diresmikan pada  21 Desember 2019.

Hal ini membuktikan bahwa Jepang benar-benar bersungguh-sungguh untuk membuktikan kepada dunia bahwa Jepang siap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade edisi ke-32 ini.

 
3 dari 3 halaman

Memanfaatkan Teknologi yang Ramah Lingkungan

Terletak di bagian utara distrik Ariake di Odaiba, Ariake Arena dapat menampung kapasitas sampai 15.000 penonton. Selain itu, Ariake Arena menghadirkan desain yang ikonik, di mana atapnya berbentuk cekung. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi ruang dalam untuk meminimalkan kebutuhan akan AC dan petir.

Tidak hanya itu, Tempat ini juga memiliki panel surya, dan peralatan panas bumi untuk membantu mengurangi jejak karbon fasilitas tersebut.

Sebelumnya, Jepang sebagai salah satu negara maju berkomitmen untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 'terhijau' atau paling ramah lingkungan dengan hanya mengeluarkan 2,93 juta ton CO2.

Rencananya, arena baru ini akan digunakan sebagai pusat olahraga dan budaya setelah gelaran Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 usai seperti yang dikutip dari Japan Today (03/02/2020).

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer