Sukses


VIDEO: Alasan Logo Tim Indonesia Berganti untuk Olimpiade Tokyo

Bola.com, Jakarta - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia meluncurkan logo baru untuk Tim Indonesia yang akan berjuang di Olimpiade Tokyo 2020. Logo tersebut berbeda dengan yang digunakan di Asian Games 2018. Apa alasan pergantian tersebut?

Sekjen NOC Indonesia, Ferry J. Kono, mengungkapkan dalam rilis yang diterima Bola.com bahwa transformasi logo Tim Indonesia merupakan realisasi usulan Federasi Olahraga Nasional (PP/PB) yang ingin tampil dengan simbol Garuda di dada. Selain itu terjadi perubahan dengan tambahan lima ring Olimpiade dan dipertegas dengan lingkaran Merah Putih yang menjadi simbol bendera Indonesia.

"Kami ingin menunjukkan Garuda bukan sekadar kebanggaan cabang olahraga sepak bola saja, tetapi menjadi kebanggaan atlet-atlet yang membawa nama Indonesia," kata Ferry.

"Lima ring Olimpiade yang berada di bawah logo Garuda menunjukkan bahwa lambang negara kita mengedepankan nilai-nilai Olimpiade, yakni respect, friendship, peaceful, sportivitas, serta excellence. Nilai-nilai ini kami harapkan menjadi kebanggaan seluruh atlet Indonesia dan kami yakin logo baru ini kian menunjukkan jati diri Indonesia di multievent," ujar Ferry.

Anggota Komite Eksekutif NOC Indonesia, Arlan Perkasa Lukman, juga menambahkan bahwa dirinya mendapat informasi soal ketentuan dari IOC (International Olympic Committee) soal logo yang digunakan tim dari setiap negara peserta. "Saya juga baru mendapat informasi bahwa dari IOC (International Olympic Committee) ada ketentuan yang mewajibkan adanya identitas dari setiap negara pada logo yang digunakan tim," ujar Arlan dalam konferensi pers acara peluncuran logo dan jersey Tim Indonesia yang dilakukan secara virtual pada Senin (19/7/2021) siang hari WIB.

Logo baru tersebut akan ditampilkan di seragam dan jersey Tim Indonesia yang didisain khusus untuk Olimpiade Tokyo 2020. Ajang multi-cabang olahraga terbesar di dunia itu akan digelar 23 Juli sampai dengan 8 Agustus 2021.

Video Populer

Foto Populer