Sukses


Ikrar Mohammad Ahsan di Olimpiade 2020: Selama Saya Cukup Kuat, Saya Akan Terus Bermain

Bola.com, Tokyo - Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan, masih tak menyangka bisa tampil di Olimpiade 2020 bersama Hendra Setiawan. Penyebabnya adalah keduanya sempat terpisah pada 2017 dan harus memulai dari nol lagi.

Mohammad Ahsan harus terpisah dengan Hendra Setiawan karena meninggalkan pelatnas bulutangkis pada 2017. Namun, keduanya kembali bersama dan berpasangan pada 2018.

Sejak saat itu, sederet prestasi berhasil dilanjutkan pasangan berjulukan The Daddies itu. Puncaknya adalah gelar All England, Kejuaraan Dunia, dan BWF World Tour Finals. Sederet pencapaian itu membuat Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berada di peringkat kedua ranking BWF dan lolos ke Olimpiade 2020.

"Kami tidak menyangka bisa lolos ke Olimpiade ini. Maksud saya adalah kami sempat berpisah sebelum kembali bersama lagi," kata Ahsan seperti dikutip situs resmi BWF.

"Untuk kembali ke level teratas lagi tentu bukan hal yang mudah, akan tetapi syukurlah kami membuktikannya kami bisa. Di luar itu, saya tidak ingin berspekulasi. Selama saya cukup kuat, saya akan terus bermain," tegas Ahsan.

Olimpiade 2020 menjadi edisi ketiga buat Hendra Setiawan setelah 2008 dan 2016. Pencapaian terbaik Hendra Setiawan adalah medali emas pada Olimpiade 2008 ketika berpasangan dengan Markis Kido.

Adapun bagi Mohammad Ahsan, Olimpiade 2020 menjadi penampilan kedua setelah edisi 2016. Ketika itu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan hanya mencapai babak grup setelah meraih sekali kemenangan dan dua kali kalah.

2 dari 3 halaman

Grup Berat

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tergabung di Grup D Olimpiade 2020. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan bersaing dengan ganda Korea Selatan, Malaysia, dan Kanada.

Peta persaingan di Grup D tentu tak mudah. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus mampu finis sebagai juara grup atau runner-up untuk melaju ke babak selanjutnya.

Pada pertandingan pembuka (24/7/2021), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lebih dulu menghadapi ganda Kanada, Jason Ho-Shue/Nyl Yakura. Ini merupakan pertandingan pertama untuk kedua pasangan tersebut di berbagai ajang.

Sumber: BWF

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Highlights Rio Waida

Video Populer

Foto Populer