Sukses


Masih Ngarep, Indonesia Jaga-jaga Jika Australia Mundur sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

Bola.com, Jakarta - Indonesia tak ingin memadamkan harapan untuk menggelar Olimpiade 2032. Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ferry Kono, masih berharap segala kemungkinan yang terjadi dalam 11 tahun ke depan terkait penyelenggaraan Olimpiade 2032.

Indonesia kalah bersaing dengan Australia dalam perburuan status tuan rumah Olimpiade 2032. Australia yang mengajukan Brisbane, terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 pada pemungutan suara yang digelar dalam pertemuan tahunan yang dilakukan Komite Olimpiade Internasional (IOC), Rabu (21/7/2021).

Meski begitu, Indonesia masih punya peluang karena IOC menjadikannya sebagai kandidat alternatif tuan rumah Olimpiade 2032. Berkaca pada Asian Games 2018, Indonesia menaruh harapan kemungkinan Australia mundur sebagai tuan rumah Olimpiade m2032.

"Ketika berbicara fokus 2036, di satu sisi kita akan menjadi kandidat alternatif apabila dalam rentang waktu 11 tahun ini ada keputusan politik di Australia atau Pemerintah Kota Brisbane. Entah mereka mengundurkan diri atau apa," kata Ferry Kono kepada Bola.com, Kamis 

"Bisa jadi seperti Asian Games 2018 di mana Vietnam yang seharusnya jadi tuan rumah, di tengah jalan terkendala faktor ekonomi mereka mundur. Opsi itu selalu kita jaga, tetapi dengan fokus kita tetap ke 2036," tegas Ferry Kono.

Australia berhasil mengalahkan India, Indonesia, Qatar, Jerman, dan Spanyol. Ini menjadi edisi ketiga sepanjang sejarah Australia menjadi tuan rumah Olimpiade setelah 1956 dan 2000.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Sambut Antusias

Presiden Komite Olimpiade Australia, John Coates, menyambut antusias terpilihnya Australia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. John Coates menjanjikan pengalaman tak terlupakan bagi para atlet yang akan tampil.

"Ini adalah hari yang sangat membanggakan bagi Australia. Saya berterima kasih kepada anggota IOC atas kepercayaan mereka," kata John Coates seperti dikutip The Guardian.

"Brisbane 2032 benar-benar berkomitmen untuk melayani cita-cita gerakan Olimpiade. Saya memberikan komitmen ini kepada para atlet dunia, kami akan memberikan Anda pengalaman tak terlupakan," tegas John Coates yang juga Wakil Presiden IOC.

Video Populer

Foto Populer