Sukses


Emtek dan Grab Jalin Kerja Sama Dukung Percepatan Transformasi Digital UMKM

Bola.com, Jakarta - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) mengumumkan kerja sama baru dengan Grab Holdings Inc. untuk membangun ekonomi digital di Indonesia. Emtek dan Grab mendorong percepatan transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Kerja sama ini diresmikan melalui konferensi pers virtual pada Senin (26/7/2021). Acara tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, Country Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, serta CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin.

Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, berharap kerja sama ini bisa memperluas inklusi digital dan keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Sutanto Hartono juga menilai, kerja sama ini bisa membantu UMKM Indonesia untuk lebih melek digital.

"Dengan kerja sama ini, kami berharap semakin banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan digital. Kerja sama ini juga memberikan akses terhadap pasar Indonesia dan pasar internasional," kata Sutanto Hartono.

Hal senada juga diungkapkan Country Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi. Menurut Neneng, potensi dan peluang teknologi di dunia ekonomi cukup besar sehingga bisa membantu UMKM di Indonesia.

Emtek menjalin kerja sama dengan Grab untuk mendorong percepatan transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

"Kerja sama ini menegaskan besarnya komitmen Grab terhadap Indonesia. Teknologi yang selama ini mampu meningkatkan taraf hidup masyarkaat masih bisa ditingkatkan potensinya," tegas Neneng Goenadi.

Kerja sama Emtek dan Grab ini akan diawali dengan menghadirkan Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan). Program untuk mempercepat digitalisasi UMKM itu akan pertama akan digelar di Solo, Jawa Tengah, pada September 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Didukung Pemerintah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyambut baik adanya kerja sama antara Emtek dan Grab ini. Airlangga juga mendukung program Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan) untuk mempercepat digitalisasi UMKM.

"Kami sangat mengapresiasi komitmen Grab dan Emtek dalam memberikan ruang bagi UMKM guna mempercepat transformasi digital dan daya saing UMKM melalui Festival Kota Mapan. Kami selalu memberikan dukungan terkait program transformasi digital," ucap Airlangga.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, juga mengapresiasi setinggi-tingginya inisiatif kerja sama ini. Teten berharap, hadirnya kolaborasi ini akan memberikan dampak baik bagi Indonesia, khususnya bagi pelaku UMKM.

"Saya melihat kerja sama ini akan mampu menyelaraskan kekuatan ekonomi digital Grab dan Emtek. Saya yakin dapat membantu mengakselerasi transofrmasi digital para pelaku UMKM," ucap TetenEmtek menjalin kerja sama dengan Grab untuk mendorong percepatan transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer