Sukses


Cara Bikin Filter Instagram (IG), Mudah dan Tidak Ribet

Bola.com, Jakarta - Instagram (IG) merupakan satu di antara media sosial yang paling populer saat ini. Rasanya ketinggalan zaman apabila tidak mempunyai akun Instagram.

Melalui aplikasi ini, para pengguna dapat berbagi foto dan video. Sebagai sosial media yang banyak digunakan untuk berbagi foto dan video, Instagram tak pernah kehabisan ide untuk mengasah kreativitas penggunanya.

Satu di antaranya Instagram meluncurkan fitur filter original yang terdapat di IG Story. Selain merilis filter original Instagram, aplikasi ini juga meluncurkan fitur yang memungkinkan para penggunanya membuat filter kreasi pengguna sendiri.

Fitur ini mampu membuat Story pengguna menjadi makin eye catching. Namun, tak banyak yang tahu, filter Instagram tersebut bisa dibuat dengan mudah dan tidak ribet.

Kamu hanya perlu sabar dan teliti dalam melakukannya. Nah, buat kamu yang ingin membuat filter Instagram sendiri, bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Berikut ini beberapa langkah-langkah cara bikin filter Instagram (IG) dengan mudah dan tidak ribet, disadur dari Merdeka, Sabtu (7/8/2021).

2 dari 2 halaman

Langkah-Langkah Cara Bikin Filter Instagram (IG)

Berikut ini langkah-langkah cara bikin filter Instagram (IG):

  1. Terlebih dahulu undah program Spark AR karena jadi program utama untuk menyelesaikan pembuatan filter Instagram. Untuk download program Spark AR ini kamu cukup ketik "download Spark AR" di Google, dan akan muncul link resmi dari web Spark AR.
  2. Setelah mengunduh program Spark AR, kamu lanjut mengunduh bahan untuk membuat filter Instagram berupa foto untuk diedit menjadi filter dan bahan data file untuk membuat filter Instagram. Untuk bahan ini sudah tersedia paket lengkap yang bisa kamu download langsung di channel YouTube Jasson Powel.
  3. Pindahkan bahan gambar yang sudah diunduh bersama paket file tadi ke HP untuk mengedit filter dari HP kamu, dan edit menggunakan aplikasi editing Lightroom sesuai filter yang kamu inginkan. Dalam mengedit tidak bisa menggunakan sembarang gambar, namun menggunakan gambar yang diperuntukkan membuat filter.
  4. Setelah selesai mengedit dari HP, kirim gambar yang sudah diedit kembali ke komputer atau laptop untuk melakukan pembuatan filter di program Spark AR. Dalam membuat filter ini sangat mudah. Cukup membuka file yang sudah diunduh dan memiliki nama "Filter Template-Jasson Powell," setelah itu tinggal memasukkan file gambar yang sudah diedit ke program Spark AR, lalu filter yang kamu miliki sudah bisa disimpan.
  5. Setelah semua selesai, bisa diunggah di web Spark AR untuk menunggu peninjauan dari pihak Facebook. Kalau tidak ada hal yang menyangkut copyright, filter kamu sudah bisa digunakan dan dibagikan kepada pengguna Instagram lain.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Irsandy Dwi. Published: 12/6/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

5 Atlet Indonesia di Thomas dan Uber Cup yang Punya Followers Instagram Terbanyak

Video Populer

Foto Populer