Sukses


Alasan Makan Bersama Bisa Tingkatkan Risiko Penularan COVID-19, Ketahui Cara Mencegahnya

Bola.com, Jakarta - Pemerintah memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah di Indonesia. Kebijakan tersebut dibuat sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Satu di antara aturan dalam masa pemberlakukan PPKM adalah pembatasan makan di restoran. Makan di rumah makan pun dibatasi hanya 20 menit.

Makan bersama membawa potensi penularan COVID-19 lebih tinggi. Ada beberapa alasan mengapa makan bersama berisiko tinggi meningkatkan COVID-19.

Melansir dari situs covid19.go.id, Senin (16/8/2021), saat makan bersama seseorang pasti akan melepas masker, lalu lupa jaga jarak, dan saat makan sambil mengobrol.

Ditambah kita belum tahu pasti kondisi kesehatan teman makan kita saat itu, menambah risiko penyebaran COVID-19.

Agar lebih aman, saat makan tetap jaga jarak dengan orang lain, tidak sambil mengobrol, dan jika ada makanan yang dikonsumsi bersama, gunakan alat makan terpisah khusus untuk mengambil makanan.

Kemudian waktu mengobrol bisa dilanjutkan setelah selesai makan dan sudah kembali mengenakan masker. Selain itu masih ada beberapa tips yang bisa diterapkan saat makan bersama.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Tips Mencegah COVID-19 saat Makan Bersama

Berikut ini lima hal yang patut diperhatikan saat makan bersama keluarga atau teman-teman di restoran atau tempat makan umum.

  • Sedikit orang

Pastikan kapasitas yang terisi hanya 1/4 dari total kapasitas ruangan.

  • Outdoor

Pilihlah tempat makan dengan konsep ruangan terbuka (outdoor) agar sirkulasi udara lancar.

  • Jaga jarak

Tetap menerapkan jarak minimal 1,5 meter ketika duduk bersebelahan dan 2 meter ketika berhadapan dengan orang lain saat makan.

  • Jangan berbicara

Meski sulit dilakukan, usahakan jangan berbicara dengan rekan ketika menyantap hidangan bersama. Jangan lupa tetap memakai masker saat bicara.

  • Batasi waktu makan

Usahakan makan tidak lebih dari 30 menit. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Video Populer

Foto Populer