Sukses


Vaksinasi Terbukti Bisa Melindungi dari COVID-19, Termasuk Varian Baru

Bola.com, Jakarta - Pemberian vaksin menjadi solusi paling tepat untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona penyebab COVID-19.

Vaksin COVID-19 yang disuntikkan akan mendorong tubuh membentuk antibodi yang berguna melawan infeksi virus corona.

Itulah mengapa, untuk memutus penyebaran COVID-19, masyarakat diberikan vaksin. Hingga saat ini proses penyaluran vaksin COVID-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia terus berlangsung.

Melalui program vaksinasi tersebut diharapkan bisa memunculkan kekebalan tubuh untuk mengurangi risiko terinfeksi COVID-19 lebih parah.

Vaksin terbukti ampuh melindungi dari COVID-19, termasuk dari virus varian baru. Hal ini dibuktikan oleh dua riset terbaru terkait efektivitas vaksin COVID-19

Melansir dari laman covid19.co.id, Minggu (15/8/2021), ada beberapa riset terkait efektivitas vaksin dalam melawan COVID-19.

2 dari 3 halaman

Hasil Riset

Riset yang diterbitkan The New England Journal of Medicine pada 7 Juli 2021, menyebutkan bahwa vaksin Sinovac efektif mencegah COVID-19, termasuk penyakit parah dan kematian.

Penelitian yang dilakukan dari 2 Februari hingga 1 Mei 2021 kepada sekitar 10,2 juta orang menunjukkan efektivitas yang tinggi untuk pencegahan rawat inap, untuk pencegahan masuk unit gawat darurat atau UGD dan untuk pencegahan kematian terkait COVID-19.

Dalam riset lain oleh Canadian Immunization Research Network (CIRN) diketahui bahwa satu dosis vaksin COVID-19 dari AstraZeneca mampu memberikan perlindungan yang signifikan dari varian baru COVID-19, dan dua dosis akan memberikan perlindungan lebih tinggi.

Fakta sains membuktikan vaksinasi menekan angka kematian karena COVID-19, hal ini berarti vaksinasi telah terbukti menyelamatkan nyawa. Vaksin aman dan terbukti melindungi, jadi ayo divaksin saat vaksinnya tersedia!

3 dari 3 halaman

Modal Utama Lawan COVID-19

Selain melakukan vaksin, ada 3 modal utama agar kita bisa melawan virus corona penyebab COVID-19 yang telah hadir di tengah-tengah kita selama 1,5 tahun ini.

Pertama, penting bagi kita paham bahwa patuh protokol kesehatan adalah modal utama yang paling efektif dan mudah untuk dilakukan bersama-sama. Mengenakan masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan rutin adalah kehidupan normal baru kita.

Jadi, meskipun sudah melakukan vaksin, penting untuk tetap disiplin dalam mematuhi protokol yang ada agar terhindar dari COVID-19 dan pandemi segera berakhir.

Lalu, penting untuk para pemangku kebijakan mengandalkan modal kedua, yakni penguatan kebijakan dan koordinasi penanganan COVID-19 yang berfokus pada karakteristik kondisi dan kesiapan daerah masing-masing.

Koordinasi pusat dan daerah merupakan salah satu elemen kunci dalam keberhasilan penanganan COVID-19.

Adapun yang ketiga adalah kapasitas faskes di Indonesia sudah jauh berkembang dibandingkan masa awal pandemi dan ditambah penguatan penyediaan tempat isolasi terpusat.

Vaksinasi dan tiga modal tersebut sangat penting supaya kita bisa merdeka untuk melakukan aktivitas dan produktif seperti sediakala dengan tetap aman dari tertular COVID-19.

Video Populer

Foto Populer