Sukses


Lakukan 7 Hal Ini setelah Melakukan Vaksinasi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pemerintah terus mengupayakan program vaksinasi COVID-19 hingga ke pelosok Indonesia. Pemerintah gencar melaksanakan vaksinasi guna mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Selain itu. program vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan pemerintah dimaksudkan untuk memberikan perlindungan dari gejala-gejala berat dan menurunkan angka kematian akibat virus corona.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 yang disalurkan pemerintah diberikan secara gratis bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Masyarakat akan menerima sebanyak dua kali dosis vaksin COVID-19, seperti AstraZeneca dan Sinovac.

Bila Anda sudah menerima dosis vaksin COVID-19, ada beberapa hal yang perlu dipehatikan agar imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik. Satu di antaranya tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat vaksin tidak membuat tubuh kebal 100 persen.

Lalu, hal lain apa saja yang perlu dilakukan setelah divaksin COVID-19? Berikut beberapa rekomendasi hal-hal yang Anda perlu dilakukan untuk mendapatkan perlindungan maksimal setelah melakukan vaksinasi COVID-19, dilansir dari laman unicef.org, Rabu (25/8/2021).

2 dari 3 halaman

Lakukan Hal ini Setelah Melakukan Vaksinasi COVID-19

1. Minum banyak air

Tetap terhidrasi sangat penting, baik sebelum maupun sesudah vaksinasi COVID-19. Hal ini penting karena adanya kemungkinan efek samping setelah vaksinasi, seperti nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam.

Jika tubuh Anda terhidrasi dengan baik, hal ini dapat mencegah Anda dari rasa sakit dan membantu mempersingkat durasi dan intensitas efek samping vaksin.

2. Makan makanan yang bergizi seimbang

Seseorang yang sudah vaksin sebaiknya mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau dan asupan lain yang kaya nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah-buahan yang kaya vitamin C juga dapat membantu memerangi efek samping vaksin.

3. Tidur minimal 7-8 jam

Saat Anda divaksinasi, tubuh bergantung pada respons imun untuk mengembangkan perlindungan. Orang yang baru divaksinasi direkomendasikan agar tidur setidaknya selama 7-8 jam karena kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh.

3 dari 3 halaman

Lakukan Hal ini Setelah Melakukan Vaksinasi COVID-19

4. Lakukan olahraga ringan atau aktivitas fisik

Setelah vaksin jangan lupa tetap lakukan olahraga yang dapat membantu mengurangi efek samping vaksin. Disarankan untuk melakukan sesuatu yang tidak terlalu berat dibandingkan dengan olahraga rutin Anda.

5. Konsultasikan ke dokter sebelum vaksinasi jika Anda menggunakan steroid atau pengencer darah

Orang yang menggunakan steroid dan pengencer darah dapat menghentikan pengobatan mereka selama dua hari sebelum dan dua hari setelah suntikan untuk mencegah efek samping serius.

Jika seseorang mengalami syok anafilaksis terhadap vaksin, mereka harus konsultasi dengan dokter dan lebih berhati-hati.

6. Kompres lengan dengan sesuatu yang dingin

Setelah vaksinasi, jika lengan terasa sakit, Anda bisa mengompresnya dengan kain bersih, dingin, dan basah atau es untuk mengurangi rasa sakit.

7. Tetap menyusui

Ibu menyusui yang divaksinasi harus terus menyusui. Antibodi yang dihasilkan melalui vaksinasi COVID-19 dapat diteruskan ke bayi melalui ASI dan mungkin juga memberikan kekebalan pada bayi seperti vaksin lain yang diberikan pada kehamilan.

Wanita hamil juga dapat disuntik vaksin karena sudah disetujui oleh WHO.

Video Populer

Foto Populer