Sukses


Ofisial Malaysia Pernah Coba Suap Taufik Hidayat, Lee Chong Wei Kaget dan Langsung Telepon

Bola.com, Kuala Lumpur - Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, bersumpah tak pernah terlibat dalam upaya suap terhadap Taufik Hidayat pada Asian Games 2006. Lee Chong Wei mengaku tak pernah terlibat dalam upaya pengaturan pertandingan sepanjang kariernya.

Taufik Hidayat membuat pengakuan mengejutkan terkait upaya suap yang dialaminya pada Asian Games 2006. Pengakuan itu diungkapkan dalam program acara Janji Suci di Trans TV.

Taufik Hidayat mengaku didatangi oknum ofisial Malaysia jelang pertandingan semifinal tunggal putra pada Asian Games 2006. Taufik Hidayat ditawari sejumlah uang dengan syarat mengalah dari Lee Chong Wei.

Taufik ditawari 60 ribu ringgit atau Rp200 juta, dua kali lipat dari bonus medali emas yang dijanjikan pemerintah Indonesia. Namun, tawaran tersebut dimentahkan oleh Taufik Hidayat.

Mendengar pengakuan tersebut, Lee Chong Wei kaget dan langsung menghubungi Taufik Hidayat. Lee Chong Wei mengaku sudah mengetahui oknum yang berupaya menyuap Taufik Hidayat, namun enggan memperpanjang masalah tersebut.

"Saya sudah menghubungi Taufik dan bertanya siapa petugas itu. Akan tetapi, saya tidak ingin menyebutkan atau mempermalukan orang itu karena kejadiannya sudah lama berlalu. Saya yakin, kita harus bergerak maju," kata Lee Chong Wei kepada Berita Harian, Rabu (25/8/2021). 

"Saya benar-benar tidak tahu tentang ini. Saat itu, saya baru berusia 24 tahun," tegas Lee Chong Wei.

Taufik Hidayat akhirnya berhasil mengalahkan Lee Chong Wei dengan skor 21-16, 21-18. Pada laga final, Taufik Hidayat berhasil meraih medali emas Asian Games 2006 setelah mengalahkan Lin Dan dengan skor 21-15, 22-20.

2 dari 3 halaman

Nasib Serupa

Lee Chong Wei tak menampik kejadian yang dialami Taufik Hidayat pernah dialaminya. Lee Chong Wei mengaku pernah didekati oleh orang-orang yang menawarkan pengaturan pertandingan.

Namun, tawaran tersebut dimentahkan oleh Lee Chon Wei. Menurut Lee Chong Wei, menjual pertandingan akan menjadi momok yang menghantui sepanjang hidupnya.

"Bagi saya, semua orang menginginkan uang. Akan tetapi, martabat negara lebih penting. Saya berumpah tidak pernah mengambil satu sen pun untuk menjual pertandingan," tegas Lee Chong Wei.

"Saya tidak menyukai hal-hal seperti ini. Saya ingin menghasilkan pertandingan melalui usaha sendiri," ucap atlet yang pensiun pada 13 Juni 2019 itu.

3 dari 3 halaman

Memastikan Bersih

Persatuan Bulu Tangkis Malaysia (BAM) mengaku tak tahu kejadian yang dialami Taufik Hidayat. Sekjen BAM, Datuk Kenny Goh, mengaku hal itu terjadi sudah lama sebelum dirinya berada di BAM.

Meski demikian, Kenny Goh mengutuk adanya upaya untuk memengaruhi nilai sportivitas tersebut. Kenny Goh memastikan hal tersebut tak terjadi pada para pemain Malaysia saat ini.

"BAM memastikan aktivitas keji itu tidak akan menyebar di antara para pemain yang ada saat ini," tegas Datuk Kenny Goh.

Video Populer

Foto Populer