Sukses


5 Cara Mengatasi Bisul dengan Bahan Alami, Mudah dan Aman

Bola.com, Jakarta - Cara mengatasi bisul dengan bahan alami patut menjadi perhatian. Bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan menimbulkan rasa nyeri.

Bisul kerap kali mucil di area kulit yang memiliki rambut, sering berkeringat dan mudah digesek, seperti leher, wajah, ketiak, bokong, dan paha.

Bisul adalah infeksi bakteri yang memicu peradangan di dalam folikel rambut (lubang tempat rambut tumbuh). Pada awalnya, kulit di daerah infeksi menjadi merah dan muncul benjolan.

Setelah empat sampai tujuh hari, benjolan tersebut mulai berisi nanah dan terasa sakit.

Lantaran penyebab bisul berasal dari bakteri, memperhatikan kebersihan tubuh merupakan langkah pencegahan yang utama. Namun, jika Anda telah terkena bisul, ada beberapa cara alami untuk mengobati bisul.

Berikut cara mengatasi bisul dengan bahan alami, dinukil dari Klikdokter, Sabtu (4/9/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bisul dengan Bahan Alami

Tea Tree Oil

Minyak pohon teh alias tea tree oil memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang kuat. Minyak esensial ini bisa mengobati infeksi bakteri penyebab bisul. 

Campurkan tea tree oil yang sudah diencerkan dengan kapas. Oleskan kapas ke bisul 2-3 kali sehari. Lakukan ini setiap hari hingga bisul sembuh.

Kunyit dan Jahe

Kunyit dan jahe direbus bersama dengan waslap bersih dalam air garam. Didihkan selama 5-10 setiap hari. Setelah itu, aplikasikan waslap ke bisul Anda.

Kunyit dikenal punya sifat anti-inflamasi serta antibakteri, yang bisa membantu mengatasi keluhan bisul Anda dengan cepat.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bisul dengan Bahan Alami

Bawang Merah

Obat bisul alami berikutnya adalah bawang merah. Iris agak tebal bawang merah, lalu bungkus dengan kain kasa halus. Letakkan kain kasa di atas bisul atau luka selama satu jam sekali, dalam dua kali dalam sehari.

Garam Epsom

Garam jenis ini dikenal punya kemampuan dalam mengobati bisul. Garam epsom bisa membantu mengeringkan nanah sehingga bisul mengering.

Larutkan garam Epsom bersama air hangat. Kemudian, rendam kain halus di dalamnya. Oleskan kompres ke bisul selama beberapa saat. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari hingga bisul sembuh.

Minyak Neem

Cara alami mengobati bisul lainnya adalah dengan minyak neem atau lilac India. Minyak ini punya sifat antibakteri, antimikroba, plus antiseptik yang bermanfaat untuk membantu mengatasi infeksi kulit, termasuk bisul, dengan cepat.

Caranya, oleskan minyak neem ke bisul 3-4 kali sehari. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah mengaplikasikannya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 19/9/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer