Sukses


Berawal dari Kebun Hidroponik di Teras Rumah, Menu dKelan Salad Sayur Jogya Tercipta

Bola.com, Jakarta Menanam sayur dengan metode hidroponik menjadi solusi ketika ketersediaan lahan sudah tidak ada lagi. Hal itu lah yang dilakukan dKelan Salad dalam menjalani usahanya. Pada awal mulanya, usaha rumahan ini menjual menu sehat hasil petikan kebun sendiri seperti roll salad, salad box, hingga jus sayur. Bisa dibeli di ManisdanSedap.com.

platform ini merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut cerita di balik dKelan dari Yogyakarta.

Berawal dari Kebun Sayur Hidroponik

Winanti memulai usaha hidroponik pada 2016. “Awalnya bukan di kuliner tapi kebun sayur hidroponik. Jadi karena sayur berlebih buat keluarga, jadilah punya ide untuk jual salad,” jelasnya.

Awalnya, sang suami yang kurang menyukai mayonnaise sebagai pendamping salad sayur, Winanti mencoba meracik saus kacang yang justru menonjolkan rasa khas Indonesia dan akhirnya menarik perhatian rekan kerja sang suami untuk memesan menu tersebut.

Makna Unik di Balik Nama dKelan

Hanya membuka pemesanan secara pre-order, hal ini disengaja untuk menjamin kualitas produk yang tetap segar hingga ke tangan konsumen. Menggunakan sayur segar, organik, dan bebas pestisida, sebagian besar bahan-bahannya dipetik dari kebun hidroponik di pagi hari lalu diolah, dikemas, dan dikirimkan di hari yang sama. Dari situ tercipta nama dKelan yang dibuat Winanti sebagai owner.

“Kelan untuk orang Jawa di kampung saya itu artinya Njangan atau masak sayuran, jadi mengandung filosofi masak sayur atau konsumsi sayur dari hasil kebun sendiri,” jelasnya.

Ingin Punya Resto Sekaligus Kebun

Target konsumen dKelan dari awal ditujukan untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga orang tua, untuk mendorong kebiasaan makan sayur. Namun mewujudkannya pun menghadapi tantangan mulai dari mencari karyawan yang tepat hingga keterbatasan lahan dan tempat usaha yang selama ini masih berskala usaha rumahan.

Harapannya, ke depannya dKelan semakin berkembang hingga menjadi resto salad sekaligus kebun hidpronik dalam satu tempat.

“Jadi orang-orang bisa makan salad, sekaligus belanja sayuran segar petik sendiri,” tutupnya dengan harapan.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Winanti mengaku terbantu dengan era digital karena berjualan jadi lebih mudah. Apalagi kini hadir ManisdanSedap.com, yang bukan hanya memudahkan pembeli mencari menu PO di berbagai daerah tapi juga membantu para pemilik UMKM.

Menjadi ‘etalase’ untuk menampilkan jualan mereka, juga dilengkapi tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli bisa berinteraksi dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Promosiin produk kuliner lebih mudah dan praktis, yuk gabung ke ManisdanSedap.com seperti dKelan!Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Reporter: Maretha Andriana

 

(*)

Menonton Laga Boca Juniors di Argentina, Pengalaman Paling Gila bagi Matt Damon

Video Populer

Foto Populer