Sukses


4 Cara Membuat Kucing Baru Merasa Nyaman di Rumah Baru

Bola.com, Jakarta Mengadopsi kucing, entah dari penampungan maupun kucing liar itu tidak hanya menyelamatkan hidup mereka, tetapi kamu juga bisa mendapatkan balasan cinta, persahabatan dan kesenangan selama mereka hidup.

Meskipun akan menjadi waktu yang menyenangkan kamu dan keluarga, namun kedatangan kucing ke rumah baru juga dapat membuat ia merasa stres. Kucing adalah makhluk teritorial, jadi bila pindah ke lingkungan baru dan tidak familiar itu bisa membuat kucing ketakutan.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu kucing atau anak kucing baru untuk melakukan transisi yang mulus.

1. Beri Dia Aroma Kucing

Kucing menghasilkan zat alami yang disebut feromon, yang mereka gunakan untuk menandai kepemilikan wilayah dan berkomunikasi dengan kucing lain. Saat kucing menggosokkan wajahnya pada suatu objek, atau bahkan kamu, dia melepaskan feromon untuk memberi sinyal bahwa objek tersebut familiar dan aman.

2. Mengatur Kebutuhan Kucing

Sebelum kamu membawanya pulang, bersiaplah dengan semua perlengkapan yang dibutuhkan kucing baru:

- Kotak kotoran kucing:

Pilihan berkisar dari baki plastik sederhana, kotak tertutup hingga kotak terbuka. Tempatkan di bagian rumah yang tidak terlalu ramai dan jauhkan dari mangkuk makanannya.

- Makanan dan air:

Kucing baru mungkin stres karena perjalanan dan perlu minum air untuk membantu menenangkan sarafnya. Tawarkan makanannya, tetapi jangan kaget jika dia tidak memiliki banyak nafsu makan dalam beberapa hari pertama.

- Mainan dan aksesori:

Beberapa mainan menyenangkan dapat membantu kamu menjalin ikatan dengan kucing dan rumah pohon kucing dapat memberinya tempat bertengger yang aman untuk melihat dunia.

Beberapa kucing suka disikat, dan kamu mungkin perlu memotong cakarnya. Jadi pergilah ke toko hewan peliharaan untuk mendapatkan semua kebutuhannya.

 

2 dari 2 halaman

3. Biarkan Kucing Beradaptasi

Kucing baru akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan keluarga dan wilayah barunya. Jadi biarkan kucing melakukan yang ia inginkan.

Kucing umumnya menginginkan beberapa ruang aman untuk bersembunyi saat dia menetap, dan mungkin ide yang baik untuk membatasi kucing ke satu ruangan sampai dia merasa nyaman. Kemudian kamu bisa perlahan-lahan membiarkannya menjelajahi sisa rumah. Pastikan kucing memiliki akses ke makanan, air, dan kotak kotorannya setiap saat.

4. Bantu Kucing Eksplorasi Lingkungan dengan Aman

Kucing baru pada akhirnya akan menjelajahi setiap sudut dan celah wilayah barunya mungkin termasuk meja, rak buku, dan bagian atas lemari. Jika ia dapat menjangkaunya, kamu mungkin terkejut betapa tingginya ia dapat melompat.

Saat dia menjelajahi rumah, singkirkan barang pecah belah, singkirkan penjepit kertas atau barang kecil lainnya yang mungkin ditelan anak kucing. Jangan tinggalkan makanan yang menggoda. Blokir akses ke ruang apa pun yang bisa berbahaya bagi kucing untuk bersembunyi atau menjelajah.

Ssetelah mengetahui dasar-dasarnya, kamu bisa mulai mencoba untuk menemukan teman baru.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer