Sukses


Borobudur Marathon Dipastikan Digelar Tahun 2021, Usung Semangat Baru

Bola.com, Jakarta - Borobudur Marathon 2021 dipastikan akan digelar pada 27-28 November nanti. Event ini diselenggarakan dari tahun 2017 dan sukses menyelenggarakan event dengan konsep hibrida pada 2020 saat masa pandemi COVID-19.

Pada tahun ini, Borobudur Marathon kembali dengan semangat baru. Tidak tanggung-tanggung event ini bakal menghadirkan kolaborasi antara Harian Kompas, Bank Jateng, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Yayasan Borobudur Marathon.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bahkan turut hadir pada sesi konferensi pers secara daring yang berlangsung pada hari Kamis (30/09/2021).

"Untuk tahun ini dengan melihat kondisi terkini saya optimis acara ini bisa berjalan dengan baik," kata Ganjar Pranowo.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran tahun ini masih dibalut dengan keriaan dan kemeriahan yang sangat personal dan tidak bisa ditemukan di acara lain," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Usung Tema Symphony of Energy

Borobudur Marathon 2021 sendiri mengusung tema “Symphony of Energy”. Tema tersebut bisa diartikan sebagai niatan jiwa yang disatukan dalam sebuah kolaborasi dan kesatuan energi yang membangkitkan para pelari.

Hal ini tertuang dalam rangkaian kata-kata Saiyeg Saeka Praya, yang bisa diartikan, tujuan utama Borobudur Marathon 2021 ini tidak hanya mencari pemenang dan juara, tetapi juga proses mewujudkan perbaikan pelayanan penyelenggaraan event dan dampak kepada masyarakat Magelang.

"Symphony of Energy menjadi sebuah semangat dan kolaborasi satu sama lain baik dari para pelari, pemerintah, penyelenggara, dan Bank Jateng," Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengungkapkan.

"Kami bersama-sama menyalurkan energi positif yang akan membawa dampak positif baik untuk Magelang maupun untuk segenap masyarakat yang tersebar di berbagai penjuru," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Nomor yang Dipertandingan

Sama seperti pada tahun 2020, Borobudur Marathon 2021 juga masih mempertandingkan Borobudur Marathon Elite Race 2021 yang akan diikuti oleh 50 atlet elite Indonesia dengan jarak tempuh 42,195 kilometer.

Sementara itu, pelari umum dapat mengikuti Borobudur Marathon Virtual Challenge (BMVC) 2021 yang dibagi tiga kategori, yaitu 42 kilometer, 21 kilometer, dan 10 kilometer.

Selain itu, ada kategori baru, yaitu Bank Jateng Tilik Candi 2021 yang dibuat untuk memberi pengalaman baru pada era kenormalan baru, di mana kategori ini memungkinkan dibukanya race secara offline dan dibatasi sebanyak 128 peserta.

Ketiga rangkaian ini akan digelar pada 27–28 November. Borobudur Marathon Elite Race 2021 akan diadakan pada 27 November 2021, sementara Bank Jateng Tilik Candi 2021 dan BMVC akan diadakan pada 28 November 2021.

Video Populer

Foto Populer