Sukses


Vaksinasi Lansia Dikebut untuk Cegah Lonjakan COVID-19 akibat Libur Natal dan Tahun Baru

Bola.com, Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut satu di antara langkah antisipasi dari pemerintah untuk menghadapi kemungkinan lonjakan kasus COVID-19 pada libur Natal dan tahun baru adalah meningkatkan vaksinasi lansia.

Hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempersiapkan strategi menghadapi Natal dan tahun baru.

"Sebentar lagi akan dihadapkan pada libur Natal dan tahun baru, di mana biasanya peningkatan kasus sering terjadi setelah adanya acara keagamaan dan libur panjang," kata Luhut dalam konferensi pers daring, seperti dikutip dari Merdeka.com, Selasa (12/10/2021).

"Presiden dalam ratas ini berpesan agar segera ditentukan strategi menghadapi Natal dan tahun baru. Untuk antisipasi Natal dan tahun baru tingkat vaksinasi lansia perlu terus dikejar, terutama untuk wilayah aglomerasi dan pusat pusat pertumbuhan ekonomi," lanjut Luhut.

Menurutnya, vaksinasi lansia dapat mengurangi gelombang kematian akibat COVID-19.

"Sehingga jika terjadi gelombang berikutya, angka kematian dan perawatan di rumah sakit dapat ditekan," tutur Luhut.

Selain itu, Luhut menyebut Presiden Jokowi mengingatkan saat libur Natal dan tahun baru jangan sampai terjadi lepas kendali.

"Presiden mengingatkan kepada kami, para pembantunya, agar jangan terjadi lepas kendali di tengah situasi seperti sekarang ini, pertahankan kasus COVID-19 serendah mungkin dalam waktu yang lama dan harus secara konsisten," ucap Luhut.

2 dari 2 halaman

Dampak Libur Natal dan Tahun Baru

Seperti diktehui, lonjakan pertama di Indonesia terjadi pada Januari 2021. Hal itu karena dampak libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Penting untuk diingat, lonjakan kasus dapat terjadi ketika masyarakat mulai lengah dan menganggap kondisi mulai aman. Di situlah peluang virus COVID-19 menyebar dengan cepat.

Itulah mengapa, upaya terbaik ialah dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan. Kini, protokol kesehatan menjadi hal yang wajib ditaati setiap orang dan tak boleh lengah.

Menerapkan 5M merupakan protokol kesehatan yang utama selama pandemi COVID-19, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain protokol kesehatan, pemberian vaksin menjadi solusi paling tepat untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona penyebab COVID-19.

Vaksin COVID-19 yang disuntikkan akan mendorong tubuh membentuk antibodi yang berguna melawan infeksi virus corona. Vaksin terbukti ampuh melindungi dari COVID-19, termasuk dari virus varian baru.

Video Populer

Foto Populer