Sukses


Yogyakarta Terus Akselerasi Vaksinasi Wisata bagi Para Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Bola.com, Jakarta - Sejak akhir Februari, pemerintah makin gencar melakukan vaksinasi COVID-19, tak terkecuali bagi pelaku dunia pariwisata dan ekonomi kreatif.

Yogyakarta termasuk menjadi daerah yang mendapatkan jatah vaksin COVID-19 bagi pelaku dunia pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dilansir laman resmi corona.jogjaprov.go.id, vaksinasi bagi pelaku dunia pariwisata dan ekonomi kreatif telah digelar pada Selasa (12/10/2021) di Grand Puri Water Park, Timbulharjo, Sewon, Bantul.

Kegiatan ini merupakan bagian dari vaksin wisata series ke-39 yang bertujuan untuk akselerasi vaksinasi dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

Tujuan akselerasi vaksinasi COVID-19 bagi pelaku dunia pariwisata dan ekonomi kreatif adalah untuk meningkatkan herd immunity.

Selanjutnya, vaksinasi COVID-19 dipersiapkan demi menjadikan Yogyakarta tempat wisata yang aman dan sehat, baik itu untuk pelaku wisata di Yogyakarta juga untuk wisatawan yang akan datang.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi COVID-19 Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Di sisi lain, pemerintah daerah menginginkan memastikan seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam kondisi imun yang baik.

Hal ini disampaikan Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata DIY, yang disiarkan kanal YouTube Humas Jogja, Selasa (12/10/2021), yang melaporkan kegiatan vaksinasi tersebut pada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Uno secara virtual.

"Saya menyampaikan laporan secara langsung kegiatan vaksinasi atau kami branding dengan vaksin wisata yang kali ini berada di Grand Puri Water Park. Ini mengambil dosis kedua dengan sasaran sekitar 1.000 pelaku pariwisata ekonomi kreatif, keluarga, dan masyarakat sekitarnya," ujar Singgih.

Pelaksanaan vaksinasi ini menargetkan penerima vaksin hingga lebih dari 29 ribu orang, yang tidak hanya diperuntukkan pelaku wisata, tetapi juga keluarga dan masyarakat sekitar destinasi wisata.

Singgih menyebutkan kegiatan vaksinasi kali ini memiliki daya tarik tersendiri, di mana masyarakat dapat mengikuti kegiatan vaksinasi sekaligus berekreasi.

3 dari 3 halaman

Target Vaksinasi Menteri Parekraf

Terkait hal tersebut, Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno, mengungkapkan Kemenparekraf memiliki target 600 ribu peserta untuk kegiatan vaksinasi. Target tersebut sudah tercapai 500 ribu peserta yang tersebar di 67 lokasi di berbagai daerah.

Sandiaga berpesan untuk tetap menyiapkan platform PeduliLindungi pada setiap objek wisata yang telah dan akan dibuka.

Ia menambahkan, memberikan dukungan serta menyebutkan bahwa kegiatan vaksinasi di Indonesia makin meningkat dan antusiasme masyarakat makin tinggi.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini mengatakan bahwa dari capaian masyarakat yang telah divaksin, Indonesia telah meraih urutan kelima sedunia.

"Tanggal 11 Oktober kemarin, lebih dari 100 juta peserta yang sudah divaksin di Indonesia, dan negara kita menjadi nomor kelima di dunia dengan jumlah masyarakat yang sudah hampir memenuhi target vaksinasinya," ujarnya.

"Yogyakarta harus bersiap-siap karena sebentar lagi, mudah-mudahan dengan makin terkendalinya pandemi ini, pariwisata dapat dibuka secara bertahap dan bandara YIA juga dapat dibuka untuk mancanegara. Kami akan segera mengatur uji coba untuk pembukaan beberapa pariwisata di Yogja, salah satunya Grand Puri Water Park. Tetap hati-hati dan wajib menjaga prokes," tutur Sandiaga.

Video Populer

Foto Populer