Sukses


Cara Menjaga Mata Tetap Sehat saat Maraton Nonton Drakor

Bola.com, Jakarta - Menonton serial korea menjadi hiburan bagi penggemarnya. Bagi mereka, K-drama (Korean drama) alias drakor dianggap media terapi untuk melepaskan penat.

Bahkan, ada yang rela meluangkan waktu di akhir pekan untuk maraton menonton drakor. Menurut beberapa ahli, menonton sebuah jalinan cerita yang menarik, termasuk drama Korea, tidak hanya dapat menghibur. Tindakan tersebut juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.

Akan tetapi, menonton drakor secara maraton juga bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan mata. Pasalnya, mata yang terus-terusan menatap layar gadget atau monitor laptop atau PC serta televisi, bisa mengalami gangguan jika tak diatasi dengan bijak.

Itulah mengapa, Anda perlu mengistirahatkan mata ketika maraton menonton drakor seharian penuh.

Berikut cara menjaga mata agar tetap sehat saat maraton nonton drakor, dinukil dari Klikdokter, Jumat (5/11/20210.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Mata Tetap Sehat saat Maraton Nonton Drakor

1. Terapkan Metode 20-20-20

Metode ini mengharuskan Anda untuk memberi satu kali jeda setiap 20 menit, dan memandang objek lain dengan jarak 20 feet (sekitar 6,1 meter) selama 20 detik.

2. Perhatikan 3D (Distance, Direction, dan Duration)

Tidak disarankan untuk menatap layar dengan posisi sembarangan. Anda sebaiknya menonton searah lurus dengan layar monitor.

Jaraknya sekitar lima kali jumlah lebar layar. Misalnya TV 32 inci dikali , maka jarak idealnya adalah 160 inci (sekitar 4 meter)

Sementara untuk durasinya kurang lebih sama dengan metode 20-20-20. Selalu ambil jeda setiap 20 menit sekali.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Mata agar Tetap Sehat saat Maraton Nonton Drakor

3. Sering Berkedip

Fokus kepada drakor yang ditonton membuat refleks berkedip menurun sehingga bisa meningkatkan risiko mata kering.

Oleh karena itu, usahakan untuk lebih sering berkedip sekali pun Anda sedang 'tersihir' dengan cerita yang sedang disaksikan.

4. Pakai Artificial Tears untuk Mata Kering

Jika Anda mengalami keluhan mata kering, gunakan air mata buatan (artificial tears) sesuai kebutuhan. Tindakan ini dapat membantu mengatasi keluhan sehingga penglihatan Anda tetap terjaga.

Lebih disarankan yang kecil (minidose) daripada botol besar lantaran minidose tidak memakai pengawet.

4 dari 4 halaman

Tanda Gangguan Mata yang Mesti Diwaspadai

Beberapa gangguan mata bisa saja terjadi akibat keseringan maraton nonton drakor, seperti mata lelah, mata kering, dan gangguan refraksi.

  • Mata Lelah

Mata lelah dikenal dengan istilah Computer Vision Syndrome (CVS). Kondisi ini bisa diidentifikasi dari banyak gejala, misalnya penglihatan buram, iritasi mata, penglihatan ganda, serta nyeri kepala, bahu, leher, dan punggung.

  • Mata Kering

Mata kering dalam dunia medis dikenal dengan istilah keratoconjunctivitis sicca. Gangguan ini terjadi pada permukaan mata, yang ditandai dengan ketakstabilan produksi lapisan air mata.

Saat mengalami mata kering biasanya seseorang akan mengeluhkan rasa gatal atau mata seperti berpasir.

  • Gangguan Refraksi

Gangguan refraksi terjadi saat cahaya yang masuk ke mata tidak dapat difokuskan secara jelas. Akibatnya, bayangan benda terlihat buram atau tidak tajam.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 18/10/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer