Sukses


Pemerintah Imbau Masyarakat Kurangi Mobilitas Jelang dan saat Libur Nataru demi Cegah Lonjakan Kasus COVID-19

Bola.com, Jakarta - Menjelang dan saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas.

Imbauan masyarakat untuk mengurangi mobilitas bertujuan demi mencegah terjadinya lonjakan kasus atau ancaman gelombang ketiga COVID-19.

"Upaya ini akan efektif jika masyarakat patuh, taat, dan disiplin terapkan protokol kesehatan termasuk mengurangi mobilitas dan berpartisipasi dalam vaksinasi COVID-19," kata Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, mengutip covid19.go.id, Selasa (14/12/2021).

Alangkah baiknya, upaya itu akan efektif bila ada kerja sama baik dengan masyarakat. Terlebih, berbagai negara juga waspada ekstra dengan munculnya varian COVID-19 baru omicron.

dr. Nadia juga mengungkapkan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk penanggulangan pandemi COVID-19.

Hal pertama yang dilakukan adalah deteksi melalui penguatan testing, tracing, karantina/isolasi. Deteksi juga dilakukan melalui surveilans untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan surveilans genomic untuk mengawasi varian baru serta pengawasan di pintu masuk negara.

2 dari 2 halaman

Taatilah Peraturan

Kemudian manajemen klinis yang dilakukan tata laksana kasus sesuai perkembangan ilmu pengetahuan termasuk potensi obat baru dan persiapan kapasitas rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Selain itu, perubahan perilaku yang dilakukan melalui penguatan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi PeduliLindungi serta melakukan peningkatan cakupan vaksinasi nasional.

Terakhir, dilakukan penguatan sistem kesehatan untuk menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan esensial dan memenuhi standar protokol kesehatan.

"Kita harus pastikan setelah libur Nataru tidak terjadi lonjakan kasus karena situasi (pandemi) yang sudah membaik ini harus kita pertahankan," ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah juga mengajak semua pihak tidak lengah dan tetap mewaspadai penyebaran virus SARS-CoV-2 dengan disiplin protokol kesehatan.

Mobilitas saat nataru 2022 harus dikurangi dan taat aturan, jangan malah nekat melanggar. Pahami bahwa aturan ini tidak untuk dilanggar, tetapi wajib ditaati agar semua orang tidak terinfeksi virus corona.

Video Populer

Foto Populer