Sukses


Menlu Retno Minta WNI Tak Bepergian ke Luar Negeri demi Cegah COVID-19 Varian Omicron

Bola.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, mengimbau agar Warga Negara Indonesia (WNI) tidak melakukan perjalanan ke luar negeri jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 varian Omicron. Terlebih lagi, varian Omicron telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

"Pemerintah meminta dengan sangat, mengimbau dengan sangat bagi Warga Negara Indonesia yang tidak memiliki kepentingan yang sangat mendesak untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri," kata Retno, pada keterangan pers seusai Rapat Terbatas terkait Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang juga disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Senin (13/12/2021).

Imbauan tersebut mengikuti perkembangan penelitian dari WHO. Hal itu karena hingga saat ini para ahli masih melakukan penelitian lebih lanjut terkait COVID-19 varian Omicron.

"WHO telah memberikan update tentang Omicron pada 2 Desember kemarin, yang antara lain menyebutkan bukti masih sangat terbatas, dan para ahli masih terus bekerja untuk dapat betul-betul menentukan kecepatan dan dampak terhadap efektivitas vaksin serta data-data lain yang diperlukan," jelasnya.

Maka itu, masih dikumpulkan data-data yang valid terkait virus COVID-19 varian Omicron. Adapun upaya terbaik mengantisipasi masuknya varian Omicron adalah dengan berhati-hati dan WNI diminta tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Perlu diingat juga, apa pun jenis varian COVID-19 yang ada, benteng pertahanan untuk menghadapinya adalah dengan disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi.

Adapun protokol kesehatan 5M yang harus dipatuhi masyarakat untuk mencegah adanya penularan COVID-19, antara lain mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Video Populer

Foto Populer