Sukses


Manfaat Pohon bagi Kehidupan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pohon adalah tanaman berkayu berusia tahunan yang menghasilkan oksigen. Pohon merupakan fondasi dalam merawat ekosistem sekaligus menopang berbagai sendi kehidupan di bumi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari pohon adalah tumbuhan yang berbatang keras dan besar.

Perlu diketahui dan dipahami, adanya pohon berperan penting dalam keberlangsungan makhluk hidup. Tanpa pohon, kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi menjadi terganggu.

Manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya sangat banyak. Maka itu, penting menjaga kelestarian pohon yang ada di sekitar.

Penebangan pohon bisa menyebabkan panas bumi meningkat, jumlah pasokan oksigen berkurang, dan tingkat polusi udara meningkat. Tidak hanya itu, jumlah air yang ada dalam tanah juga berkurang.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat pohon bagi kehidupan yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman bogorkab.go.id, Kamis (16/12/2021).

2 dari 8 halaman

Menghasilkan Oksigen dan Mengurangi Karbondioksida

Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula.

Pada saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun.

Bila gas karbondioksida jumlahnya yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2.

3 dari 8 halaman

Menahan Laju Air dan Erosi

Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah sebanyak 60-80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah.

Pohon yang ada di hutan menyimpan air yang besar dan akan mengalir menuruni bukit, kemudian mengalir di sepanjang sungai. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi sebagai erosi tanah.

Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.

4 dari 8 halaman

Menjaga Kesuburan Tanah

Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah.

Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir-butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.

5 dari 8 halaman

Lingkungan Menjadi Nyaman

Lingkungan yang asri dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan.

Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman, yang dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.

6 dari 8 halaman

Mengurangi Zat Pencemar Udara

Kegiatan pabrik banyak menghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain karbondioksida, asap tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat.

Zat-zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi.

7 dari 8 halaman

Menghasilkan Oksigen (O2)

Dari sekian banyak manfaat pohon yang terpenting adalah fungsi pohon sebagai penghasil oksigen dan air. Pohon mampu menghasilkan oksigen sebanyak 0,5 kg per hari per pohon.

Makhluk hidup tidak dapat terlepas dari keberadaan oksigen dan air. Bayangkan jika tidak terdapat pohon di bumi ini, dari mana makhluk hidup mendapat oksigen dan air?

Sementara itu, tidak ada industri yang mampu memproduksi oksigen dan air. Oleh karena itu, marilah bersama-sama menanam pohon untuk menyelamatkan bumi dari akibat global warming serta untuk keberlangsungan anak cucu kita.

8 dari 8 halaman

Tempat Tinggal Satwa

Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, hewan juga merasakan manfaat adanya pohon. Apalagi bagi hewan yang hidup dan tinggalnya di pohon.

Fungsi pohon digunakan oleh satwa sebagai tempat tinggal dan mendapatkan makanan mereka. Habitat ini mendukung berbagai kehidupan hewan untuk tetap menjaga populasinya agar tidak terjadi kepunahan.

 

Sumber: Portal Resmi Kab.Bogor (bogorkab.go.id)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer