Sukses


Lionel Messi Dibayar Pakai Fan Token, Kok Bisa ya ?, Yuk Kenalan dengan Metode yang Mulai Populer di Dunia Bola Ini

Bola.com, Jakarta - Saat ini banyak klub sepak bola mengeluarkan fan token. Bahkan Lionel Messi dibayar dengan fan token. Apa itu fan token? Sebelum memahami itu, kalian  perlu mengetahui tentang teknologi blockchain dan cryptocurrency.

Cryptocurrency kerap disebut dengan kata koin ataupun token. Tujuan adanya cryptocurrency adalah item bernilai yang bisa diperjualbelikan atau untuk transaksi keuangan lainnya.

Bitcoin merupakan cryptocurrency yang paling awal, bernilai tinggi, dan sekarang merupakan koin yang sangat populer serta sangat banyak digunakan. Mata uang kripto ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, namun kebanyakan bertujuan finansial.

Koin digunakan di blockchain mereka sendiri. Sebagai contoh Bitcoin digunakan di blockchain Bitcoin. Ssedangkan koin Ether digunakan di blockchain Ethereum dan seterusnya.

Berbeda dengan token, ia dibuat dan digunakan pada blockchain yang sudah ada. Token merupakan aset yang digunakan sebagai bukti kepemilikan. Nilai token bisa ditetapkan berdasarkan tujuan penggunaan dan popularitasnya.

Tapi sama seperti aset yang lain, token memiliki jumlah yang terbatas dan nilainya juga dipengaruhi jumlah permintaan dan penawaran. Oleh karena tujuan serta popularitasnya, sebagian besar token mempunyai persediaan senantiasa ataupun terbatas, nilainya kerap berhubungan dengan penawaran serta permintaan.

Ada dua jenis token, token utilitas dan token keamanan. Token utilitas adalah token yang menyediakan akses ke barang dan jasa atas suatu project yang sudah diluncurkan atau akan diluncurkan. Contohnya token diluncurkan untuk mendanai project perusahaan. Token Keamanan adalah token yang berguna sebagai aset untuk sumber pendapatan ataupun sebagai dividen.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Apa Itu Fan Token?

Fan token merupakan token utilitas yang dibuat sebagai aset digital penggemar. Fan token ini dapat digunakan sebagai akses untuk memberikan voting ataupun keanggotaan suatu klub.

Kepemilikan fan token dapat memberikan kesempatan bagi penggemar untuk memberikan keputusan, melalui mobile voting platform. Selain itu juga tiket khusus perkumpulan penggemar.

Sekarang klub-klub sepak bola bekerjasama dengan Socios.com membuat token meningkatkan keterlibatan penggemar dengan klub mereka. Tidak hanya mampu memberikan pengalaman penggemar yang berbeda, token juga menjadi satu di antara sumber pendapatan yang aman dan transparan bagi klub-klub tersebut.

Sebagai contoh menurut protokol.com, fan token Barcelona terjual habis, dan menghasilkan 1,3 juta dolar AS dalam waktu kurang dari dua jam. Jika kita ingin melihat bagaimana para klub mendapat banyak manfaat dari fan token, kita bisa melihat informasi dari BBC berikut ini.

Lazio, Manchester City, FC Porto, dan Santos menghasilkan penjualan fan token yang paling banyak. Namun yang terbanyak adalah adalah milik Lazio, yakni sampai 130 juta dolar AS. Token dari dua klub, Inter Milan dan klub Turki Trabzonspor, telah meningkat nilainya lebih dari Bitcoin selama setahun terakhir.

Fan token yang menggunakan teknologi blockchain memang hal baru. Namu, teknologi ini mampu memberi banyak manfaat bagi para penggemar dan klub-klub sepak bola. Perkembangan teknologi sangat mampu memberikan kita keuntungan jika kita tahu cara memanfaatkannya.

Ingin mencoba trading kripto dan membeli fan token? Kunjungi Tokocrypto, platform jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya di Indonesia yang mudah dan aman.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer