Sukses


7 Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri, Bagian dari Refleksi Akhir Tahun

Bola.com, Jakarta - Cara memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang diperbuat, penting kita ketahui dan mengerti. Dalam menjalani kehidupan, kita tidak luput dari kesalahan. Hal itu karena kita sebagai manusia, tidak sempurna.

Atas dasar itu, Anda harus memaafkan setiap kesalahan yang kamu perbuat di masa lalu, khususnya sepanjang tahun ini. 

Biasanya menjelang akhir tahun, kita melakukan refleksi dan perasaan bersalah yang membebani Anda sekian lama, menyeruak begitu rupa.

Kesalahan sendiri yang diperbuat mungkin akan menyisakan penyesalan, kejengkelan, kemarahan, kekesalan, dan emosi negatif lainnya. Namun, terus-menerus merasa bersalah bisa memengaruhi kondisi mental Anda.

Janganlah terlalu keras pada diri sendiri. Jangan menghukum diri sendiri terlalu berat.

Cobalah menerima kesalahan itu sebagai bagian dari pendewasaan diri. Kita tidak akan bertumbuh, berkembang, tanpa memiliki pengalaman, apakah itu pengalaman baik atau buruk. Jadikan kesalahan itu sebagai pelajaran, pengalaman yang mendewasakan.

Meski tidak mudah, Anda tetap bisa terlepas dari beban perasaan bersalah atas kesalahan sendiri. Dengan begitu, hidup Anda akan terasa lebih ringan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membebaskan dari penyesalan kesalahan di masa lalu. 

Berikut beberapa cara sehat untuk memaafkan diri sendiri, sebagai bagian dari refleksi akhir tahun, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (31/12/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri

1. Berhenti memikirkan kesalahan

Satu di antara cara memaafkan diri sendiri adalah dengan tidak “terobsesi” dengan kesalahan tersebut. Berhentilah memikirkan kesalahan yang sudah berlalu.

Meski kesalahan yang kamu lakukan perlu dipikirkan dan jadi bahan pelajaran atau introspeksi diri, jangan memikirkan kesalahan secara berlebihan apalagi sampai menghukum diri sendiri atau mengganggu aktivitas Anda.

2. Menyadari kesalahan sebelumnya

Ketika Anda berbuat salah dan mengalami kesulitan untuk memaafkan diri sendiri, Anda harus menyadari kesalahan yang Anda lakukan tanpa menyangkal sedikit pun. 

Untuk dapat memaafkan diri sendiri, mengakui kesalahan menjadi langkah yang penting.

3. Kesalahan itu pelajaran

Perlu Anda sadari bahwa semua orang pasti pernah berbuat kesalahan. Tinggal bagaimana seseorang menanggapi kesalahan yang dibuatnya, apakah menjadi momok seumur hidup atau dijadikan pelajaran agar tidak diulangi lagi ke depannya. 

Agar dapat memaafkan diri sendiri, perlu Anda sadari bahwa kesalahan terjadi untuk menjadi pelajaran yang akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih baik. 

4. Ikhlas

Ikhlas menjadi satu di antara cara memaafkan diri sendiri. Anda perlu menyadari bahwa apa yang terjadi, pasti akan berlalu. 

Selain itu, selalu percaya bahwa setiap masalah yang terjadi ada jalan keluarnya dan ada pelajaran yang bisa dipetik. Dengan begitu, Anda bisa ikhlas menghadapi masalah dan memaafkan diri sendiri.

3 dari 3 halaman

Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri

5. Berikan afirmasi positif pada diri sendiri

Jika Anda merasa energi negatif dari kesalahan tersebut datang kembali, gunakan kalimat berikut untuk menjaga diri agar tetap positif: 

  • "Saya melakukan yang terbaik yang saya bisa pada saat itu".
  • "Saya membuat kesalahan yang jujur pada saat itu".
  • "Saya masih belajar ketika itu".
  • "Saya tidak tahu banyak pada saat itu".
  • "Saya minta maaf atas peristiwa yang pernah terjadi".

6. Bicara dengan orang terdekat

Supaya melegakan diri Anda, berbicaralah dengan orang terdekat yang Anda percaya, seperti keluarga dan teman. Saran dan nasihat mereka mungkin akan membantu Anda untuk lebih tenang. 

7. Mencari bantuan profesional

Jika dengan langkah-langkah di atas rasa bersalah tidak kunjung hilang apalagi sampai timbul dorongan untuk mengakhiri hidup, disarankan mencari pertolongan profesional seperti dokter kesehatan jiwa (psikiater) atau psikolog.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 23/9/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer