Sukses


Daftar Rempah-rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Tinggal di negara tropis seperti Indonesia memudahkan Anda untuk mendapatkan berbagai rempah-rempah yang bisa bermanfaat dalam banyak aspek kehidupan.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai penyedap masakan yang sedang Anda buat, rempah-rempah juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Banyak kita temui di berbagai daerah di Indonesia, menjadikan beragam jenis rempah sebagai bahan dasar untuk membuat jamu yang menyehatkan.

Bahkan tidak hanya di Indonesia, negara-negara lain seperti Thailand, China, Jepang, hingga Korea pun sering menggunakan rempah-rempah sebagai bahan dasar membuat obat.

Lantas, apa saja rempah-rempah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh?

Berikut daftar rempah-rempah dan manfaatnya untuk kesehatan, yang perlu Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Minggu (16/1/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Rempah-rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Kayu manis 

Sebagian besar rempah-rempah adalah tanaman tersendiri. Namun, kayu manis merupakan lapisan kulit kayu bagian dalam dari pohon yang dikeringkan dan digulung.

Rempah sehat ini dikenal mampu melegakan tenggorokan, dahak di paru, serta meredakan hidung meler.

Tambahkan batang kayu manis dalam segelas teh untuk melegakan tenggorokan. Kayu manis juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan, dari kue hingga bubur.

Ada juga yang memanfaatkan kayu manis sebagai obat, seperti untuk mengontrol gula darah, meringankan sakit kepala, dan keluhan lainnya.

2. Cengkih

Cengkih dikenal cukup ampuh untuk menyegarkan napas dan mengatasi perut kembung. Rempah jenis ini juga mengandung segudang antioksidan yang baik untuk menangkal penyakit.

Cengkih bisa dijadikan bumbu makanan pencuci mulut yang baik bagi organ pencernaan. Cengkih kerap dimanfaatkan sebagai obat alami. Manfaat rempah ini mulai memperlancar pencernaan hingga mengurangi nyeri saat sakit gigi.

3. Paprika dan Cabai 

Meski berbeda, paprika dan cabai berasal dari keluarga yang sama. Keduanya mengandung antioksidan tinggi, termasuk beta-karoten, quercetin, dan luteolin.

Senyawa capsaicin pada cabai, misalnya, memiliki seguang manfaat kesehatan, termasuk antikanker. Paprika dan cabai dapat dikonsumsi bersama makanan lain untuk memicu sensasi pedas.

3 dari 4 halaman

Daftar Rempah-rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

4. Kunyit

Kunyit sejak lama dipercaya sebagai salah satu rempah sehat dan kerap dikaitkan dengan obat khusus kanker usus. Penelitian menunjukkan kunyit bersifat antiradang, antiviral, antibakteri, antijamur, dan antikanker.

Tak hanya itu, kunyit digunakan dalam deretan obat tradisional India, Thailand, dan Tiongkok, untuk berbagai masalah kesehatan. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat memberikan sejuta manfaat bagi tubuh.

5. Pala 

Pala adalah rempah asli Indonesia yang telah populer sejak lama. Rempah ini sudah menjadi komoditas perdagangan penting sejak era Romawi kuno.

Bukan cuma untuk bumbu masakan, rempah pala juga menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini sering dipakai dalam industri pengalengan serta kosmetik.

Pala juga sering digunakan sebagai penambah gairah seks. Jangan heran, permintaan ekspor pala ke negara lain terus meningkat dari waktu ke waktu.

6. Daun Mint

Rempah-rempah yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah daun mint. Herbal ini mungkin sudah sering Anda temukan, baik pada obat maupun sebagai aromaterapi.

Kandungan di dalam daun mint dapat membantu meredakan gangguan pencernaan.

4 dari 4 halaman

Daftar Rempah-rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

7. Basil 

Ada berbagai cara memanfaatkan basil, satu di antaranya ketika membuat saus pasta. Holy basil dianggap dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan mikroba lainnya.

8. Jahe

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan jahe. Tanaman berimpang ini sering digunakan untuk bumbu masak sekaligus campuran dalam minuman hangat.

Banyak penelitian yang mengkaji manfaat rempah sehat ini. Satu di antaranya, kandungan di dalam jahe dapat membantu meredakan rasa nyeri serta meredakan mual.

9. Bawang Putih 

Bawang putih hampir tidak pernah absen dalam aneka masakan rumahan. Selain sebagai bumbu untuk memperkaya cita rasa masakan, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Khasiat dari zat yang terkandung di dalam bawang putih dipercaya dapat meredakan flu. Konsumsi bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 15/12/2020)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer