Sukses


Hasil Seleknas PBSI Masih Didominasi Provinsi Unggulan, Begini Tanggapan Jabar

Bola.com, Bandung - Tiga atlet bulutangkis Jawa Barat lolos seleksi nasional (seleknas) PBSI 2022 yang berakhir Sabtu (15/1/2022) di kamp Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta.

Tiga atlet Jabar yang lolos itu dari dua nomor yakni tunggal dewasa putri dan ganda taruna campuran.

Di nomor tunggal dewasa putri, Jabar berhasil menempatkan empat orang atlet ke babak utama usai lolos dari babak penyisihan grup, yakni Kyla Legiana Agatha (Mutiara Cardinal), Maria Veronica Ngadien Prawesti (SGS PLN Bandung), Destria Cahya Purnama (Mutiara Cardinal), dan Keisha Fatimah Azzahra (Mutiara Cardinal).

Di partai puncak tunggal dewasa putri seleknas tersebut, atlet Jabar berhasil menciptakan All Jabar Finals. Kyla berhadapan dengan Keisha.Kyla berhasil mengalahkan rekan satu klubnya di Mutiara Cardinal Bandung dalam pertarungan dua set dengan skor ketat 25-23 dan 21-19.

Sementara di nomor ganda taruna campuran, Jabar meloloskan satu pasangan atlet di babak utama yakni Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania.

Wakil Ketua Umum I Pengprov PBSI Jabar, Herman Subarjah mengaku cukup puas dengan hasil yang diraih para atlet Jabar di ajang seleknas dengan meloloskan tiga orang atlet.

"Kalau dibilang puas, cukup puas karena ini adalah hasil dari sebuah kompetisi," kata Herman saat dihubungi awak media, Minggu (16/1/2022).

2 dari 3 halaman

Dominasi 3 Provinsi

Hasil seleknas PBSI 2022 ini masih memperlihatkan dominasi tiga daerah di cabang olahraga bulutangkis, yakni Jabar, Jateng, dan DKI Jakarta.

"Titel juara di 10 nomor, didominasi tiga provinsi hanya satu nomor yang direbut atlet di luar tiga provinsi itu yakni tunggal dewasa putra. Sementara provinsi lain belum ada yang mampu menjadi juara," kata Herman.

Meski hanya meloloskan tiga atlet dengan meraih juara di dua nomor, Herman masih optimistis Jabar masih bisa menambah jumlah atlet di pelatnas. Pasalnya, pelatih Pelatnas yang memantau langsung pelaksanaan setiap pertandingan di seleknas belum menentukan pendamping bagi atlet-atlet yang berhasil meraih juara di masing-masing nomor.

"Mudah-mudahan, kalau para pelatih yang memantau fair, masih ada peluang atlet asal Jabar masuk ke Pelatnas. Yang menjadi juara satu di setiap nomor itu mutlak lolos ke pelatnas, sedangkan yang lainnya berdasarkan pantauan pelatih," ucao Herman.

3 dari 3 halaman

Hasil Seleksi Nasional PBSI Tahun 2022

1. Ganda Taruna Putri : Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani (Jateng)

2. Ganda Taruna Putra : Daniel Edgar Marvino/Raymond Indra (Jateng)

3. Ganda Taruna Campuran : Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania (Jabar)

4. Ganda Dewasa Campuran : Muhammad Gibran Arfiansyah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (DKI Jakarta)

5. Ganda Dewasa Putri : Ridya Aulia Fatasya/Sofy Al Mushira Asharunnisa (DKI Jakarta)

6. Ganda Dewasa Putra : Gerardo Rizqullah Hafidz/Muhammad Gibran Arfiansyah (DKI Jakarta)

7. Tunggal Taruna Putri : Mutiara Ayu Puspitasari (Jateng)

8. Tunggal Taruna Putra : Muhammad Reza Al Fajri (DKI Jakarta)

9. Tunggal Dewasa Putri : Kyla Legiana Agatha (Jabar)

10. Tunggal Dewasa Putra : Alfito Pringgo Yudanto (Kalsel).

Video Populer

Foto Populer