Sukses


4 Pertolongan Pertama saat Pergelangan Kaki Keseleo, Agar Tak Cedera Parah ketika Bermain Bola

Bola.com, Jakarta Para pecinta sepak bola pasti menantikan momen untuk mengumpulkan teman-teman agar bisa bermain fun football atau futsal bareng. Terlebih kini sudah banyak futsal arena dan mini soccer pitch yang bertebaran di setiap sudut kota.

Meskipun bertajuk fun football, risiko cedera tetap saja bisa menghampiri. Bahkan risiko ini bisa semakin besar apabila kamu kurang pemanasan sebelum bermain bola.

Pergelangan kaki yang keseleo atau terkilir menjadi cedera yang paling sering dialami ketika bermain bola. Jika sudah begini, berikan pertolongan pertama yang tepat agar kondisi cederanya tak makin parah. Apa saja?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Angkat Pergelangan Sendi lebih Tinggi dari Dada

Respon natural ketika mengalami cedera adalah telentang sambil memeluk bagian kaki yang sakit. Namun sayangnya posisi ini bisa menghalangi peredaran darah di sekitar lokasi cedera.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berbaring telentang dan badan lurus. Kemudian angkat kaki yang cedera lebih tinggi dari dada. Cara ini dapat mengurangi pembengkakan atau memar. Tak hanya ketika di atas lapangan, ketika di rumah pun usahakan untuk menggunakan bantal agar posisi kaki tetap lebih tinggi daripada dada.

3 dari 5 halaman

Kompres dengan Es

Sendi pergelangan kaki yang keselo atau terkilir akan mengalami rasa nyeri luar biasa. Untuk mengatasinya, berikan kompres dingin selama 15-20 menit.

Kompres es akan mengurangi nyeri dan pembengkakan secara efektif. Namun hindari menempelkan es batu langsung ke kulit, karena akan berisiko mengganggu peredaran darah.

4 dari 5 halaman

Balut bagian Kaki yang Cedera

72 jam pertama setelah cedera adalah periode rentan yang bisa meningkatkan risiko gangguan persendian parah. Untuk itu, balut pergelangan kaki yang keselo dengan perban elastis. Selain meredakan pembengkakan, cara ini akan membantu sendi beristirahat sehingga tidak terlalu tegang.

5 dari 5 halaman

Istirahatkan Kaki

Setelah mendapatkan pertolongan pertama di lapangan, penting untuk mengistirahatkan kaki selama 2-3 hari pasca terjadinya cedera. Dalam periode istirahat ini, kamu tetap diperbolehkan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan.

Hindari juga olahraga berat seperti lari atau melompat karena akan memperparah cedera. Beberapa gerakan olahraga lainnya tetap bisa dilakukan misalnya melatih otot tangan atau bisa pula melakukan gerakan sit up.

Proses pemulihan bisa memakan waktu beberapa hari hingga hitungan minggu tergantung dari tingkat keparahannya. Namun untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan, gunakan krim pereda nyeri otot yang akan menghangatkan titik cedera sehingga menstimulasi rasa sakit agar kembali pulih.

Video Populer

Foto Populer