Sukses


Nggak Asal Gocek, Ini 6 Aspek Dasar yang Penting untuk Diasah saat Berlatih Sepak Bola

Bola.com, Jakarta Skillful but no vision. Quote tersebut sudah pasti familiar bagi penikmat bola nasional setelah dilontarkan oleh salah satu pundit. Hal ini memang benar, lantaran sepak bola merupakan olahraga lengkap yang memerlukan banyak aspek keterampilan, bukan hanya satu saja.

Bagi pecinta sepak bola yang mengidamkan untuk menjadi primadona di lapangan sesungguhnya, tak jarang menggunakan metode latihan yang hanya mengeksplorasi skill individu semata. Teknik tinggi memang diperlukan dalam sepak bola, namun jangan sampai kamu melupakan beberapa aspek dasar untuk menjadi bintang di atas lapangan. Apa saja sih yang perlu dilatih untuk bisa menjadi pemain sepak bola yang bagus?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Stamina

Ibarat kendaraan, stamina adalah bahan bakar dari tubuh untuk bisa bermain bola secara optimal. Kurangnya stamina akan membuat performa menjadi menurun dan seolah kehabisan bensin di tengah pertandingan.

Untuk melatih stamina diperlukan konsistensi. Beberapa metode latihan bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina seperti berenang, beberapa set squat jump, serta gerakan plank. Jika sudah, coba uji ketahanan staminamu dengan berlari sprint dan catatkan progresmu dari waktu ke waktu.

3 dari 7 halaman

Keseimbangan Tubuh

Pelatih Timnas Indonesia yaitu Shin Tae-yong mengatakan jika para pemain nasional masih belum menyadari latihan di gym session. Padahal latihan ini penting untuk membentuk fisik, massa otot, hingga keseimbangan tubuh.

Body balance yang dimiliki para pemain sepak bola ditentukan dari keseimbangan tubuh dan body building yang dilakukan. Oleh sebab itu, gym session adalah latihan yang tepat untuk meningkatkan body balance dalam bermain sepak bola.

4 dari 7 halaman

Speed

Untuk mengoptimalkan teknik sepak bola yang kamu miliki, penting juga untuk melatih kecepatan agar gerakanmu bisa semakin lincah di lapangan. Kamu bisa mengadopsi metode latihan klub profesional dalam melatih kecepatan berlarimu.

Misalnya saja dengan menggunakan alat bantu berupa speed ladder untuk melatih otot kaki mengeluarkan tenaga ekstra dalam waktu singkat. Bisa juga kamu meningkatkan kecepatan dengan berlari menggunakan parasut untuk menstimulasi kecepatanmu.

5 dari 7 halaman

Kontrol Bola yang Baik

Sama seperti stamina, pengendalian bola merupakan skill fundamental yang perlu dimiliki para pemain. Hal ini penting karena kontrol bola yang baik akan menjadi kunci untuk menentukan distribusi alur permainan di atas lapangan.

Untuk memperbaiki kualitas kontrol bola, perlu fokus dengan menghadap ke arah datangnya serta gerakan bola. Julurkan kaki ke arah datangnya bola dan gunakan kaki lainnya sebagai tumpuan utama.

6 dari 7 halaman

Visi Bermain

Legenda sepak bola dunia seperti Xavi Hernandez hingga Kevin de Bruyne menjadi panutan para pemain lain lantaran visi bermain yang dimilikinya. Visi bermain sendiri merupakan implementasi dari gabungan strategi pelatih, tujuan mengumpan, pengalmbilan keputusan, hingga mencari posisi kawan di sekitar area permainan.

Selain latihan fisik, mengasah visi bermain juga memerlukan langkah yang kompleks. Salah satunya adalah menganalisis permainan sepak bola modern melalui tayangan video.

7 dari 7 halaman

Mentalitas

Terakhir yang tak kalah penting dalam bermain sepak bola adalah mentalitas. Mentalitas dibutuhkan untuk mengangkat moral bermain di dalam situasi apapun. Baik untuk meraih kemenangan maupun mengatur emosi, hadirnya mentalitas akan membuat permainan sepak bola menjadi olahraga yang menyenangkan.

Sepak bola menjadi olahraga yang menguras seluruh aspek fisik dari kepala hingga kaki. Oleh sebab itu, penting untuk mengimbanginya dengan nutrisi optimal agar tubuh tetap bugar saat berolahraga berat seperti sepak bola. Selalu penuhi nutrisi dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang bisa kamu dapatkan melalui marketplace secara online. Kamu bisa memesan aneka kebutuhan dan diantar langsung ke rumahmu.

Video Populer

Foto Populer