Sukses


Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman yang Populer, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman menjadi satu di antara bagian penting dalam perkembangan teknologi.

Tak bisa dimungkiri, hampir setiap program, aplikasi, dan segala bentuk software disusun dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman biasa digunakan untuk membuat aplikasi, gim, website, dan teknologi komputer lainnya.

Oleh karena itu, bahasa pemrograman wajib dikuasai orang-orang yang ingin mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak. Dengan begitu, program yang dibuat bisa digunakan dengan lancar oleh banyak orang.

Ada banyak bahasa pemrograman yang biasa atau sering digunakan. Apa saja jenis-jenis bahasa pemrograman yang populer tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis bahasa pemrograman beserta penjelasannya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman baktikominfo.id, Jumat (11/2/2022).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

Java

Java menjadi satu di antara bahasa pemrograman yang sangat populer karena dapat digunakan berbagai platform. Fleksibilitas ini menjadi fokus karena saat ini program diharuskan tak hanya optimal di satu platform, tetapi juga dapat digunakan di banyak tipe perangkat.

Kelebihan lain yang bisa didapatkan ialah java masuk dalam pemrograman orientasi objek sehingga lebih mudah bagi developer memberikan output maksimal.

Bahasa C

Bahasa C merupakan satu di antara bahasa pemrograman yang paling awal ditemukan dan digunakan. Bahasa ini digunakan sebagai bahasa umum yang diajarkan di perguruan tinggi atau tempat kursus.

Hal itu karena bahasa C merupakan bahasa dasar yang sangat aplikatif di berbagai konteks pemrograman. Idealnya, pemahaman pada bahasa ini diperlukan untuk dapat memudahkan proses belajar penggunaan bahasa yang lain.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.

Kendati demikian, bahasanya dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C)

HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

PHP

Hypertext Pre-Processor adalah bahasa yang juga populer di kalangan developer di Indonesia. Satu faktor yang menyebabkan bahasa ini populer adalah karena bahasa ini bisa digunakan secara gratis.

Selain itu, penggunaan PHP lebih cenderung ke arah pengelolaan dan pembuatan web yang dinamis yang kini sangat banyak bermunculan karena keperluan bisnis dan pemasaran produk.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

Visual Basic

Menjadi produk dari Microsoft, Visual Basic menawarkan IDE Visual dalam pembuatan software. Penggunaannya berorientasi pada pembuatan perangkat lunak yang digunakan pada basis sistem operasi Windows dan merupakan 'keturunan' dari bahasa pemrograman BASIC.

Survey menunjukkan bahwa bahasa ini sangat banyak digunakan dan memiliki komunitas tersendiri tempat developer bertukar informasi dan membahas isu terkini terkait dengan Visual Basic.

Phyton

Phyton adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, namun mudah dipahami oleh pemula. Hal ini disebabkan karena pembacaannya menggunakan syntax tidak terlalu rumit.

Phyton banyak digunakan oleh perusahaan besar dalam pengembangannya, seperti Instagram, Pinterest, dan Google. Tentu bahasa ini memiliki kualitas yang cenderung baik karena perusahaan besar mengandalkan Phyton dalam pengembangan web-nya.

C++

C++ adalah bahasa yang dikembangkan dari bahasa C. Penulisannya hampir sama, namun terdapat perbedaan pada penyelesaian masalah.

Jika pada bahasa C masalah diselesaikan dengan pembagian ke dalam sub masalah yang lebih kecil, C++ menyelesaikan masalah dengan pembagian ke dalam kelas-kelas tertentu sehingga proses penyelesaiannya dapat dilakukan lebih cepat dan efektif.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

Javascript

Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.

Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser, yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

XML

Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.

XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML, namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

WML

WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.

WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

 

Sumber: Web Bakti Kominfo

Video Populer

Foto Populer