Sukses


6 Kesalahan yang Dilakukan setelah Berolahraga, Pehobi Futsal dan Sepak Bola Wajib Tahu!

Bola.com, Jakarta Ada banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan saat akhir pekan tiba. Salah satunya adalah mengadakan fun futsal atau mini soccer bareng kerabat kantor maupun teman satu circle.

Olahraga seperti futsal memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun tak jarang aktivitas ini dilakukan dengan pengetahuan minim tentang apa saja yang perlu dilakukan setelah berolahraga.

Tak hanya pemanasan sebelum berolahraga, ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah kamu melakukan futsal atau mini soccer. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan setelah berolahraga.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Melewatkan Peregangan

Peregangan atau pemanasan memang identik dilakukan sebelum berolahraga. Aktivitas ini akan membuat tubuh menjadi rileks dan siap untuk melakukan aktivitas fisik.

Namun masih banyak yang belum menyadari pentingnya peregangan setelah berolahraga berat. Alih-alih duduk beristirahat secara langsung, peregangan yang dilakukan pasca olahraga akan bisa menyesuaikan temperatur tubuh serta menyeimbangkan aktivitas otot dan sendi.

3 dari 7 halaman

Kurang Minum Air

Dehidrasi bisa mengancam ketika tubuh tak mendapatkan asupan cairan yang cukup setelah berolahraga. Hal ini pun berimbas pada kelelahan yang bisa muncul sewaktu-waktu.

Idealnya, tubuh memerlukan asupan cairan sekitar 240ml jika kamu berolahraga kurang dari 1 jam. Konumsi air yang tepat dan sesuai kebutuhan akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

4 dari 7 halaman

Menunda Makan

Energi yang terkuras setelah berolahraga memerlukan asupan nutrisi dengan segera. Hal ini karena cadangan energi dalam tubuh terkuras melalui otot dan rangka saat olahraga.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga asupan nutrisi sekurang-kurangnya 30 menit setelah olahraga. Makan setelah olahraga dengan gizi seimbang akan membuat otot tumbuh serta melakukan regenerasi. Sebaliknya, gangguan pada kebugaran tubuh bisa terjadi jika kamu menunda makan setelah berolahraga berat.

5 dari 7 halaman

Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Salah satu efek yang muncul setelah olahraga berat adalah kelelahan serta kerusakan beberapa jaringan otot. Jika hal ini dibiarkan dengan cara melanjutkan aktivitas berat pasca olahraga, jaringan otot yang rusak tersebut bisa menjadi luka. Hal ini juga bisa lebih parah jika kamu kurang cukup nutrisi sebelum berolahraga.

6 dari 7 halaman

Kurang Istirahat

Play hard sleep hard! Proses pemuluhan fisik setelah berolahraga juga akan optimal saat memasuki waktu tidur di malam hari.

Oleh sebab itu pastikan kamu istirahat tepat waktu dan mendapatkan durasi tidur 7 hingga 8 jam. Kurang tidur setelah sebelumnya beraktivitas berat seperti olahraga bisa menyebabkan kelelahan dan menurunnya kebugaran pada tubuh.

7 dari 7 halaman

Inkonsistensi dalam Berolahraga

Olahraga memang dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun inkonsistensi dalam olah tubuh juga bisa membuat semua kebaikan tersebut menjadi sia-sia.

Perencanaan sesi olahraga yang teratur akan membuat tubuh semakin bugar dan tak mudah terserang penyakit. Kini, perencanaan olahraga pun semakin mudah. Melalui aplikasi yang tersedia di smartphone, kamu sudah bisa mengatur pola olahraga secara rutin dan tetap konsisten agar bisa mendapatkan segala manfaatnya secara optimal.

Video Populer

Foto Populer