Sukses


4 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Koreng

Bola.com, Jakarta - Koreng di kulit kerap kali merusak penampilan. Padahal, koreng atau scar sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi area kulit yang terluka dari kemungkinan terjadinya infeksi kulit atau luka.

Koreng terbentuk dari keping darah dan protein yang mengeras dan membentuk sebuah plak. Plak inilah yang nantinya akan berfungsi untuk melindungi luka selama proses penyembuhan.

Koreng memang akan mengelupas secara sendirinya, meski membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah sembuh, koreng umumnya masih meninggalkan bekas yang menghitam.

Namun, Anda tak perlu khawatir, ada cara perawatan yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan bekas koreng.

Berikut beberapa cara mudah menghilangkan bekas koreng, disadur dari Klikdokter, Sabtu (19/2/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Koreng

Kompres dengan handuk hangat

Mengompres koreng dengan handuk atau kain hangat bisa meningkatkan aliran darah ke bekas luka. Jika aliran darah meningkat, pasokan oksigen juga akan makin bertambah.

Asupan oksigen yang cukup dalam darah bisa merangsang sel-sel di sekitar luka sembuh lebih cepat. Makin cepat luka sembuh, makin cepat pula koreng terkelupas dan bekasnya bisa hilang dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Anda bisa menyiapkan sebaskom air hangat dan merendam handuk lembut di dalamnya selama beberapa detik. Peras handuk, lalu letakkan di atas luka atau koreng selama 2-5 menit. Lakukan cara ini dua kali sehari selama beberapa hari. Lihatlah perubahan pada luka Anda.

Hindari mengelupas koreng

Perlu Anda pahami bahwa koreng akan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Tidak heran beberapa orang merasa terpicu, tak tahan untuk tidak menggaruk atau mengelupas koreng. Jangan sampai menggaruk atau dengan sengaja mengopeknya.

Mengelupas koreng, secara sengaja maupun tidak, bisa membuat bekas koreng jadi makin lama untuk pulih. Mengorek koreng juga bisa membuat luka makin parah karena kulit di bawahnya belum siap. Saat koreng dipaksa lepas, kulit baru di bawahnya jadi ikut tertarik dan kembali lecet.

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Koreng

Tetap jaga kebersihan luka

Menjaga area luka tetap bersih bisa menghindari Anda dari infeksi penyebab penyakit. Infeksi yang masuk ke koreng bisa menghambat proses penyembuhan dan memperparah kondisi luka yang telah Anda miliki sebelumnya.

Apabila bekas luka terkena debu atau kotoran dari luar, segera bersihkan dengan menggunakan air mengalir atau air yang sudah dicampurkan dengan sabun berbahan lembut. Keduanya sama-sama bisa membunuh kuman penyebab penyakit.

Mengoleskan krim

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim yang mengandung hidrokuinon dua persen yang dijual di pasaran.

Krim hidrokuinon dua persen termasuk dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja. Gunakan krim pada malam hari.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/11/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer