Sukses


Tanpa Alat Bantu, 5 Gerakan HIIT Cardio Ini Efektif Meningkatkan Kebugaran bagi Pehobi Futsal

Bola.com, Jakarta Apa sih rahasia agar bisa gacor kala berlaga di lapangan futsal? Sebagian besar jawaban ini ada pada skill serta teknik tinggi dalam mengolah bola.

Namun ada satu aspek dasar yang membuat para pehobi futsal memiliki performa bagus saat berada di lapangan, yaitu kebugaran fisik. Untuk melatihnya, latihan fisik serta gym session efektif dalam membentuk stamina bagus.

Selain itu, ada cara yang cukup mudah dan murah untuk meningkatkan kebugaran fisik yaitu HIIT Cardio. Gerakan ini merupakan olah fisik ringan yang jika dilakukan rutin maka akan bermanfaat bagi tubuh. Apa saja yang termasuk gerakan HIIT Cardio?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Plank

Gerakan plank selama ini diketahui untuk membentuk otot di sekitar perut. Namun plank juga efektif untuk menjaga stamina lantaran titik tumpu yang berada di kaki dan siku akan menciptakan metabolisme yang baik serta daya tahan tubuh optimal.

Cara melakukannya adalah dengan posisi tengkurap serta tumpuan terdapat pada siku dan ujung kaki. Pertahankan posisi tersebut dalam waktu 30 detik dan lakukan beberapa repetisi untuk mendapatkan hasil optimal.

3 dari 6 halaman

Push Up

Setelah plank, gerakan HIIT Cardio sederhana yang sangat efektif membentuk stamina optimal adalah push up. Selain memperkuat keseimbangan serta membentuk otot di sekitar lengan hingga dada, push up juga dipercaya menimbulkan efek yang begitu terasa ringan di tubuh. Hal ini berdampak pada efisiensi penggunaan energi pada tubuh.

4 dari 6 halaman

Mountain Climber

Masih memiliki posisi yang serupa dengan plank dan push up, mountain climber juga mengeksplorasi tangan dan kaki sebagai tumpuan. Perbedaanya, olah fisik lebih besar terdapat pada gerakan ini karena kaki lebih aktif dalam bergerak.

Lakukan gerakan ini dengan cara menarik lutut kiri ke dada kanan dan lutut kanan ke dada kiri secara bergantian. Kamu bisa melakukan repetisi untuk mendapatkan hasil yang optimal dari gerakan ini.

5 dari 6 halaman

Squat

Sering diremehkan, nyatanya gerkan ini memiliki efek yang luar biasa bagi tubuh. Melakukan gerakan squat dalam beberapa repitisi mampu memperkuat kuda-kuda sekaligus menstabilkan ritme detak jantung. Hal ini berdampak pula pada meningkatnya kebugaran serta stamina saat bermain futsal.

6 dari 6 halaman

Jumping Jacks

Hampir serupa dengan squat, jumping jacks juga mengeksploitasi area kaki sebagai titik tumpu. Bedanya, gerakan melompat dengan merentangkan tangan pada jumping jacks efektif untuk menjaga pernafasan.

Setelah lelah berolahraga, tubuh kehilangan banyak cairan. Ganti cairan tubuh yang hilang dengan minuman isotonik. Kandungan ion di dalamnya akan mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Video Populer

Foto Populer