Sukses


7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga

Bola.com, Jakarta - Memiliki berat badan yang berlebih menjadi satu di antara masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang pada era modern ini.

Penyebabnya beragam, seperti gaya hidup yang tidak sehat dengan mengonsumsi makanan semabarangan atau faktor genetik.

Memiliki berat badan berlebih sering dikaitkan dengan risiko terkena berbagai penyakit dan hal negatif lainnya.

Saat berat badan Anda berlebih, penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung dapat mengintai sewaktu-waktu.

Banyak dari mereka yang memiliki berat badan berlebih berusaha menurunkannya dengan cara yang cukup ekstrem dan cenderung berbahaya.

Padahal, ada beberapa cara alami dan tidak berisiko tinggi, yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan berat badan secara maksimal. Satu di antaranya dengan berolahraga.

Nah, erikut tujuh cara menurunkan berat badan dengan berolahraga, yang patut Anda coba, seperti dikutip dari Healthline, Kamis (10/3/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga

1. Berenang

Berenang jadi satu di antara cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Berenang juga dapat membentuk tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan melibatkan beberapa wanita paruh baya menunjukan berenang selama 60 menit tiga kali dalam seminggu, dapat mengurangi lemak pada tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung dan kolesterol.

Berenang merupakan kegiatan yang mudah dan tidak memiliki efek samping berbahaya, seperti nyeri otot badan, sehingga semua kalangan dapat melakukanya.

2. Yoga

Yoga merupakan cara populer untuk berolahraga dan menghilangkan stres. Meski, tidak bisa langsung disebut olahraga yang dapat menurunkan berat badan, melakukan yoga cukup membantu untuk membakar lemak pada tubuh.

Yoga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya, selain dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Selain membakar kalori secara signifikan, penelitian telah menunjukkan yoga dapat mengajarkan Anda agar selalu memperhatikan berbagai makanan yang tidak sehat bagi tubuh, mengontrol makan berlebih, dan lebih memahami kapan tubuh kita membutuhkan makanan.

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga

3. Joging dan Lari

Joging dan lari menjadi kegiatan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Meski kegiatan tersebut terlihat sama, joging dan lari dibedakan dari kecepatan saat melakukan kegiatan tersebut.

Kecepatan saat melakukan joging akan berada pada 6,4-9,7 km/jam, sedangkan 9,7 km/jam menjadi kecepatan kita saat berlari.

Penelitian telah menunjukan bahwa melakukan joging dan lari dapat membakar lemak visceral yang berbahaya, umumnya biasa dikenal lemak yang berada di bagian perut.

Baik joging atau lari menjadi aktivitas yang bagus dan dapat Anda jadikan kebiasaan yang dilakukan setiap minggu. Untuk memulainya, coba joging atau lari selama 20-30 menit, 3-4 kali setiap minggu.

4. Berjalan

Seperti halnya joging dan berlari, berjalan merupakan satu di antara olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. 

Kegiatan ini menjadi awalan yang mudah dilakukan oleh pemula tanpa harus membeli peralatan olahraga. Selain itu kegiatan ini memiliki dampak rendah, yang berarti tidak akan membuat Anda stres.

Sebuah studi yang dilakukan kepada beberapa wanita dengan tingkat obesitas tinggi menemukan, berjalan selama 50-70 menit tiga kali per minggu dapat mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang. Hal tersebut dapat membuat tubuh Anda terlihat lebih langsing.

Untuk memulainya, berjalanlah setelah makan siang, naik dan turun pada tangga kantor Anda, atau mengajak jalan anjing Anda mengelilingi taman. Lakukan kegiatan berjalan selama kurang lebih 20-30 menit setiap harinya.

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga

5. Bersepeda

Bersepeda jadi kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan ini dapat membuat tubuh Anda bugar serta bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu bersepeda keliling taman dapat mengurangi stres.

Meski bersepeda umumnya dilakukan di luar ruangan, saat ini banyak gym yang memiliki sepeda mesin sehingga Anda dapat tetap bersepeda di dalam ruangan jika cuaca di luar tidak memungkinkan.

Bersepeda tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, berbagai penelitian telah menunjukan bersepeda dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar, sehat, dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

6. Kickboxing

Kickboxing menjadi cara yang bagus untuk membakar kalori, membentuk otot, dan menghilangkan stres yang serius.

Dengan menggerakkan tenaga dari kaki Anda, lengan Anda mampu melontarkan pukulan jab, silangan, hook dan uppercut, menjadikannya sebagai latihan seluruh tubuh.

Olahraga ini dapat Anda lakukan paling tidak selama 60 menit tiga kali dalam satu minggu untuk membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di seluruh tubuh.

7. Interval training

Interval training atau yang lebih umum disebut high-intensity interval training (HIIT) merujuk pada istilah olahraga kardio intens untuk membakar kalori dalam waktu singkat. Biasanya latihan HIIT berlangsung antara 10-30 menit.

Satu studi pada sembilan pria aktif menemukan bahwa HIIT membakar 25-30 persen lebih banyak kalori per menit daripada jenis latihan lainnya, termasuk latihan beban, bersepeda, dan berlari di atas treadmill.

Olahraga HIIT juga dapat membantu mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita. Walaupun hasilnya mungkin lebih cepat, olahraga ini butuh ketahanan tubuh lebih kuat daripada lainnya.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer