Sukses


Demi Tiket Piala Asia, Timnas Hoki Outdoor Indonesia Bidik 3 Besar Piala AHF Putra 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Hoki Outdoor Indonesia bersiap tampil di Piala AHF Putra 2022 demi meraih tiket ke Piala Asia Hoki 2022. Peringkat tiga besar jadi target dari tim yang ditangani oleh Muhammad Dharmaraj di turnamen kali ini.

Target tersebut dinilai tidak muluk-muluk. Apalagi Indonesia memang berstatus tuan rumah untuk turnamen Piala AHF Putra 2022. Turnamen ini digelar di GBK Hockey Field, Senayan, Jakarta, mulai Jumat (11/3/2022) hingga 20 Maret 2022.

Selain itu, Piala AFH 2022 menjadi hal yang sangat besar bagi Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) karena menjadi hajatan hoki tingkat Asia pertama yang digelar di Indonesia, sekaligus menjadi turnamen beregu internasional pertama yang digelar di Tanah Air pada masa pandemi COVID-19.

"Kami merasa terhormat karena Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala AFH 2022. Ini kehormatan dari Federasi Hoki Asia (AHF) kepada PP FHI dan harus dilaksanakan dengan baik," ujar Ketua PP FHI, Budi Sulistijono dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Sultan, Kamis (10/3/2022).

Selain itu, Sekretaris Jenderal PP FHI, Yasser Arafat Suaidy, Indonesia tidak hanya ingin sukses penyelenggaraan, tapi juga berprestsai. Ia pun meminta Timnas Hoki Outdoor Indoensia berjuang maksimal demi mewujudkan target meraih tiket ke Piala Asia Hoki 2022.

"Tujuan dari Timnas Hoki Outdoor Indonesia lolos ke Piala Asia. Kami mengincarnya karena itu menjadi kualifikasi untuk ke Piala Dunia Hoki. Maka dari itu, kami harus menjadi satu di antara tiga tim terbaik di Piala AHF Putra 2022 ini untuk lolos otomatis ke Piala Asia. Setelah lolos Piala Asia Hoki, itu kualifikasi untuk Piala Dunia Hoki," ujar Yasser.

 

2 dari 3 halaman

Optimistis meski Harus Hadapi Juara Bertahan

Timnas Hoki Outdoor Indonesia tergabung di Grup B Piala AHF Putra 2022 bersama juara bertahan Bangladesh, kemudian Iran, Oman, dan Singapura. Bangladesh yang juga berstatus juara dalam tiga edisi terakhir Piala AHF Putra 2022 akan menjadi lawan pertama Indonesia pada Jumat (11/3/2022).

Indonesia makin optimistis setelah laga uji coba menghadapi Sri Lanka berakhir dengan kemenangan 5-3. Yasser pun meyakini hal itu menjadi sinyal positif Timnas Hoki Outdoor Indonesia bisa bersaing di kancah internasional.

"Kami mengakui Bangladesh merupakan tim kuat. Tapi, semuanya sudah dipersiapkan oleh coach Dharmaraj. Dalam laga uji coba kami menang 5-3 melawan Sri Lanka dan itu sinyal yang bagus. Semoga kami bisa meraih hasil yang lebih baik lagi di Piala AHF Putra 2022 ini," tutur Yasser.

"Peluang Indonesia untuk ke semifinal juga sangat besar bila bisa mengatasi Bangladesh dan Oman. Apabila kami bisa menang melawan mereka, ada kesempatan masuk ke semifinal. Setelah itu baru pikirkan masuk tiga besar dan kalau beruntung bisa masuk final," jelasnya.

Sementara itu, kapten Timnas Hoki Outdoor Indonesia, Daarul Quthni, percaya diri timnya bisa bersaing di Piala AHF Putra 2022 ini, terutama karena sudah melakukan pelatnas dalam beberapa bulan terakhir.

"Persiapannya kini tinggal mengatur mental anak-anak karena dalam latihan hari terakhir kami sudah melakukan test match dan Alhamdulillah makin baik. InsyaAllah kami bisa bicara banyak di event ini," ujar Daarul.

"Target kami mencapai semifinal. Kalau kami konsisten dalam permainan, InsyaAllah bisa final. Terpenting kami harus bisa melewati Bangladesh dan Oman di Grup B," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Dapat Restu dan Dukungan Kemenpora

Perjuangan Timnas Hoki Outdoor Indonesia di Piala AHF Putra 2022 mendapat dukungan langsung dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Hal itu ditunjukkan dengan keterlibatan Plt. Sekretaris Kemenpora, Jonni Mardizal, dalam acara pelepasan Timnas Hoki Outdoor Indonesia, Kamis malam WIB, 10 Maret 2022.

"Indonesia harus menjadi tuan rumah yang baik, tapi tetap berprestasi. Jadi juara kalau bisa, karena kita punya keuntungan sebagai tuan rumah. Kita juga dilatih oleh pelatih yang memiliki kualifikasi sehingga bisa jadi nilai tambah bagi timnas kita," jelas Jonni.

Pada Piala AHF Putra 2022 ini, seluruh rangkaian turnamen akan digelar di Lapangan Hoki GBK, Jakarta, 11-20 Maret 2022.

Pada edisi kali ini, Piala AHF Putra 2022 terdiri dari 9 negara peserta termasuk Indonesia. Tim Merah Putih sendiri tergabung di Pool B bersama dengan Oman, Singapura, Bangladesh, dan Iran.

Sementara, Grup A dihuni Kazakhstan, Sri Lanka, Thailand, dan Uzbekistan. China baru saja menyatakan mundur akibat skuadnya terpapar COVID-19.

Video Populer

Foto Populer