Sukses


Penyebab dan Cara Mengatasi Dahi Jerawatan akibat Rambut Berponi

Bola.com, Jakarta - Jerawat merupakan satu di antara masalah kulit yang kerap dijumpai. Tidak hanya di pipi atau dagu, jerawat juga bisa muncul di area dahi.

Satu di antara penyebab munculnya jerawat di dahi adalah model rambut berponi. Rambut poni sebetulnya punya banyak manfaat, antara lain bisa menutupi jidat jenong atau membuat penampilan seseorang terlihat awet muda.

Akan tetapi, kalau pakai poni malah menyebabkan jerawatan, pasti bikin risi. Jerawat di area dahi yang disebabkan oleh rambut berponi juga bisa disebut sebagai hairline acne.

Lantas, bagaimana penyebab dan cara mengatasi dahi jerawatan akibat rambut berponi?

Berikut pembahasan penyebab jerawat di dahi akibat rambut berponi dan cara mengatasinya, disadur dari Klikdokter, Jumat (18/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat di Dahi akibat Rambut Berponi

1. Bakteri Mudah Menempel Pada Rambut

Rambut mudah terkena kuman yang menempel. Jadi, pada beberapa orang yang memiliki kulit wajah sensitif, adanya poni bisa dengan mudah memicu jerawat dan membuat kotoran mudah masuk ke pori-pori kulit di sekitar dahi.

2. Kotoran Menyumbat Pori-Pori

Kotoran yang berpindah dari rambut poni ke kulit wajah juga bisa menjadi pemicu lain mengapa dahi mudah berjerawat.

Kotoran, seperti kuman, debu, asap, sebum, yang berasal dari poni bisa dengan mudah menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Rambut Kotor

Apabila Anda adalah orang yang malas keramas, jangan heran jika terdapat banyak jerawat di dahi. Penumpukan minyak dan kotoran dari rambut bisa mengakibatkan timbulnya jerawat.

Maka itu, jangan malas mencuci rambut, terutama saat Anda baru beraktivitas dari luar rumah.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Dahi Berjerawat akibat Rambut Berponi

Perlu diketahui, dahi termasuk area T-zone wajah. Hal ini berarti bagian dahi memiliki kandungan minyak berlebih ketimbang area kulit wajah lainnya.

Maka itu, dengan ada atau tidaknya poni, jerawat memang lebih rentan muncul di dahi. Untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat di dahi akibat pakai poni, ikuti tips dan cara berikut ini:

Jaga Kebersihan Rambut

Guna mengatasi dan mencegah jerawat di dahi, Anda perlu menjaga kebersihan rambut. Keramas bisa dilakukan sebanyak sekali dalam dua hari.

Frekuensi keramas bisa ditingkatkan apabila Anda gemar atau baru saja melakukan aktivitas di luar rumah yang menyebabkan rambut jadi lepek, kotor, dan berdebu.

Jangan Menyentuh Poni

Kebanyakan orang yang memiliki poni pasti sering menggeser rambut depannya ke arah kiri atau ke kanan.

Tak hanya itu, secara tak sadar Anda akan merapikan poni menggunakan tangan agar posisi atau jatuhnya rambut di dahi sesuai dengan yang diinginkan.

Hanya, kebiasaan menyentuh atau merapikan poni justru meningkatkan risiko jerawat di kulit dahi. Sebab, bakteri di tangan bisa berpindah ke rambut poni, lalu menempel di kulit, dan pada akhirnya menyebabkan jerawat.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Dahi Berjerawat Akibat Rambut Berponi

Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Sama halnya dengan rambut, kulit wajah bagian dahi juga perlu dijaga kebersihannya.

Anda diminta untuk mencuci muka menggunakan sabun yang sesuai kondisi kulit wajah. Jangan lupa untuk segera menghapus makeup sehabis beraktivitas di luar rumah.

Potong Poni

Gunting rambut poni jika sudah terlalu panjang dan tebal. Tujuan dirapikan agar poni tidak terlalu menempel ke area dahi dan jerawat pun bisa dihindari.

Jika belum sempat untuk menggunting rambut, Anda bisa menjepit poni atau menggunakan bando untuk membiarkan dahi "bernapas" sementara waktu.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 11/12/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer