Sukses


Pecahkan 14 Rekornas saat TC, Tim Renang Indonesia Janji Bawa 4 Emas di SEA Games 2021

Bola.com, Badung, Bali - Timnas Renang Indonesia sejak 4 April lalu sudah menjalani pemusatan latihan di Kolam Renang Tirta Arum Blahkiuh, Kabupaten Badung, untuk persiapan SEA Games 2021. I Gede Siman Sudartawa dkk. rencananya akan mengakhiri pemusatan latihan pada Minggu (17/4/2022).

Setelah itu, mereka kembali ke Jakarta untuk melakukan latihan dan time trial terakhir sebelum bertarung di SEA Games 2021, Hanoi. Terhitung sudah 11 hari mereka berada di Pulau Dewata.

Menurut Pelatih Timnas Renang Indonesia Michael Piper, sudah ada peningkatan performa perenang selama di Bali. Bahkan tidak tanggung-tanggung, 14 rekor nasional berhasil dipecahkan meskipun bukan catatan waktu resmi.

“Secara garis besar, sudah ada peningkatan. Semua perenang cukup percaya diri menuju SEA Games. Kami kebetulan bisa memecahkan 14 rekor nasional,” ungkap pelatih berpaspor Australia ini, Jumat pagi (15/4/2022).

Itu sebabnya dia tidak ragu Timnas Renang Indonesia di targetkan empat emas. Target tersebut lebih banyak tiga medali dibanding SEA Games 2019, Manila. Target itu dirasa realistis karena medali yang diperebutkan di SEA Games 2021 Hanoi lebih banyak dibanding saat di Manila.

“Peluang medali sekarang bertambah. Saya tetap yakin meskipun tidak akan mudah ke depannya,” terangnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Berjalan Lancar

Sementara itu, perenang Azzahra Permatahani mengaku program latihan yang diberikan berjalan lancar meskipun cukup berat karena dalam satu minggu. Mereka menjalani 10 kali latihan di kolam renang plus dua kali di gym.

Azzahra belum bisa memastikan akan turun di nomor mana saja. Yang jelas dia sudah memastikan turun di nomor 200 meter gaya ganti putri dan 400 meter gaya ganti putri sebagai nomor spesialisasinya.

“Kalau ditarget emas, saya berusaha semaksimal mungkin saja. Kebetulan belum tahu ya di nomor mana saja saya turun nanti,” ungkapnya.

Selama menjalani pemusatan latihan di Bali, dia hanya fokus pada perbaikan catatan waktu karena menurutnya, catatan waktu yang dibukukan sekarang masih terpaut dua sampai tiga detik dari catatan waktu terbaiknya.

3 dari 3 halaman

Ambisi

Kapten Timnas Renang Indonesia Aflah Fadlan Prawira punya ambisi besar untuk merebut emas perdananya di SEA Games.

“Saya selama empat kali ikut SEA Games, belum pernah meraih emas. Saya ingin pecah telur di Vietnam nanti,” beber Fadlan.

Menurutnya, seluruh perenang dalam performa yang terbaiknya. Di SEA Games nanti Fadlan bisa turun di nomor 400 meter gaya ganti putra, 200 meter gaya ganti putra, dan nomor estafet putra. Dipilihnya Bali sebagai lokasi pemusatan latihan juga berdampak positif bagi seluruh perenang.

“ini sudah kedua kalinya kami melakukan TC di Bali. Senang ya karena bisa mendapat suasana baru. Jadi tidak jenuh. Hal-hal seperti ini sebenarnya bagus untuk meningkatkan performa kami,” tutup Fadlan.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer