Sukses


Macam-Macam Keutamaan Malam Lailatul Qadar yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta Ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan di bulan Ramadan yaitu malam Lalilatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar dipercaya oleh ulama sebagai malam ketika Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad saw., melalui malaikat Jibril.

Selain itu, malam Lailatul Qadar juga dimaknai sebagai malam ketika malaikat turun ke bumi, dengan membawa tugas memberi kedamaikan, berkah, dan bimbingan sampai fajar menjelang.

Maka tak heran, sebagian besar umat Muslim pun merayakannya dengan beribadah dan berdoa, serta melakukan itikaf di masjid.

Tibanya malam Lailatul Qadar tak bisa diprediksi oleh manusia. Rasulullah saw., hanya memberi tahu malam Lailatul Qadar ada di sepertiga Ramadan.

Maka, di malam penuh keberkahan ini jangan sampai tepat 10 hari terakhir bulan Ramadan disia-siakan begitu saja.

Di samping itu, terdapat beberapa keutamaan yang menambah keistimewaan malam Lailatul Qadar.

Berikut ini macam-macam keutamaan malam Lailatul Qadar yang perlu diketahui umat Muslim, disadur dari laman Brilio, Kamis (22/4/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Malam Lailatul Qadar

1. Malam yang Mulia

Dalam QS. Al-Qadr ayat 1-5 telah digambarkan kemuliaan malam Lailatul Qadar. Dalam surat tersebut, Allah Swt., berfirman:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

2. Sebagai Malam Diturunkannya Al-Qur'an

Satu dia antara sebab mengapa bulan Ramadan begitu istimewa yakni karena di bulan tersebut Al-Qur'an Al-Karim pertama kali diturunkan oleh Allah Swt., melalui perantara Nabi Muhammad saw. Hal ini tercantum dalam QS. Al-Qadr ayat 1 yang berbunyi sebagai berikut:

"Innaa anzalnahu fii lailatil-qadr."

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan."

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Malam Lailatul Qadar

3. Penuh Keberkahan

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keberkahan. Dalam QS. Ad-Dukhan ayat 3, Allah Swt., berfirman:

"Innaa anzalnaahu fii lailatim mubaarakatin innaa kunnaa munziriin."

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan."

Dengan ayat tersebut, Allah Swt., telah bersumpah dengan Al-Qur'an yang lafaz dan maknanya jelas bahwa Allah Swt., telah menurunkan malam Lailatul Qadar sebagai malam yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan yang banyak pada bulan Ramadan.

4. Penuh Kesejahteraan

Selain penuh keberkahan, malam Lailatul Qadar juga menjadi malam yang penuh kesejahteraan. Dalam QS. Al-Qadr ayat 5, Allah Swt., berfiman:

"Salaamun hiya hattaa matla'il-fajr."

Artinya: "Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Pada malam Lailatul Qadar, Allah Swt., memberikan banyak kesejahteraan. Allah Swt., mengabarkan bahwa turunnya para malaikat pada Lailatul Qadar untuk menyebarkan kebaikan bagi kaum Muslim, meliputi keselamatan, ampunan, pahala, pengabulan doa, dan pujian para malaikat bagi orang-orang yang beribadah pada malam itu. Malam Lailatul Qadar dipenuhi dengan para malaikat dan keselamatan, kebaikan malam itu tidak terhenti hingga waktu fajar tiba.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Malam Lailatul Qadar

5. Malam Ditetapkannya Takdir Satu Tahun ke Depan

Dalam QS. Ad-Dukhan ayat 4, Allah Swt., berfirman:

"Tanazzalul-malaa`ikatu war-ruhu fiihaa bi`izni rabbihim, ming kulli amr."

Artinya: "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."

Dalam surat tersebut telah dijelaskan bahwa para malaikat turun pada malam Lailatul Qadar atas perintah Allah Swt., dengan membawa perkara yang telah ditakdirkan oleh Allah Swt., untuk tahun itu, baik berupa rezeki, kematian, kelahiran dan lainnya yang telah ditakdirkan oleh Allah Swt.

6. Malam Penuh Ampunan

Disampaikan oleh Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa menegakkan salat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah Swt.), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu." (H.R Al Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad)

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Malam Lailatul Qadar

7. Dibukanya Pintu Langit

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang diberkahi, Allah Ta’ala wajibkan kalian untuk berpuasa padanya, dibukakan padanya pintu-pintu langit, ditutup pintu-pintu neraka Jahim, dan dibelenggu setan-setan yang membangkang.

Pada bulan tersebut, Allah Swt., memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (seseorang beribadah selama itu). Barang siapa terhalang dari kebaikannya, sungguh ia orang yang terhalang (dari seluruh kebaikan)." (HR. An-Nasai)

 

Disadur dari: Brilio.net, (Penulis: Shofia Nida. Published: 22/4/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer