Sukses


3 Dampak Negatif yang Ditimbulkan Akibat Sering Berolahraga di Malam Hari

Bola.com, Jakarta Olahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Rutin melakukan olahraga setiap hari juga sekaligus mencegah berbagai gangguan kesehatan yang bisa mengancam.

Meski begitu, olahraga juga perlu dilakukan secara efisien dan tak berlebihan. Jika pagi tak ada waktu untuk berolahraga, workout di malam hari juga bisa menjadi solusi.

Namun, banyak yang belum menyadari jika olahraga di malam hari juga bisa menimbulkan efek kurang baik bagi tubuh. Apa saja?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gangguan Pola Tidur

Olahraga di malam hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang memicu insomnia. Hal ini disebabkan ketika jarak waktu berolahraga dengan tidur malam terlalu dekat sehingga kadar hormon adrenalin dan hormon stres juga ikut meningkat.

Untuk mengatasinya, lakukan olahraga dengan intensitas ringan dan waktu singkat di malam hari. Berikan juga jeda waktu untuk pendinginan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

3 dari 4 halaman

Mudah Kehabisan Energi

Malam hari merupakan waktu untuk tubuh beristirahat. Oleh sebab itu olahraga yang berlebihan juga bisa mengganggu siklus tubuh dalam beristirahat. Bukan tak mungkin, tubuh sudah cukup lelah dan kurang prima untuk melakukan olahraga di malam hari.

4 dari 4 halaman

Mengurangi Variasi Olahraga

Satu lagi hal yang bisa menghambat olahraga di malam hari adalah minimnya variasi. Akan sulit untuk berolahraga di luar ruangan seperti jogging, bersepeda, atau berlari. Hal ini pun bisa membuat olahraga menjadi kurang optimal dan tubuh hanya mendapatkan rasa lelah semata.

Kapanpun waktunya, sempatkan untuk workout sejenak agar tubuh bisa tetap prima dalam menghadapi kesibukan sehari-hari. Gunakan juga gear yang tepat seperti sepatu khusus olahraga yang tak hanya melindungi kaki namun juga mengoptimalkan olahraga setiap harinya. Dapatkan sekarang juga dengan harga diskon di marketplace favorit kamu ya!

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer