Sukses


Serba Serbi Sepatu Futsal yang Wajib Diketahui, Mulai dari Outsole hingga Tingkat Kenyamanannya

Bola.com, Jakarta Sebagai bekal bermain fun futsal atau mini soccer, sepatu adalah senjata utama dalam meningkatkan performa. Selain melindungi kaki dari risiko cedera, sepatu futsal modern pun didesain sedemikian rupa agar nyaman di kaki sekaligus mampu menunjang kualitas permainan penggunanya.

Bukan cuma fitur untuk meningkatkan performa, sepatu futsal dan mini soccer juga dibedakan berdasarkan permukaan lapangan yang digunakan. Hal ini sesuai dengan kebutuhan olahraga ini yang kerap dimainkan di berbagai jenis lapangan. Apa saja jenisnya?

2 dari 4 halaman

Sepatu Futsal Indoor Court

Sepatu futsal indoor court atau yang biasa disebut dengan kode IC ini menggunakan outsole halus pada bagian telapaknya. Outsole halus berbahan karet ini dikhususkan untuk penggunaan di lapangan.

Sepatu Futsal Turf cocok digunakan saat bermain di lapangan bertekstur halus seperti vinyl, parquette, taraflex, hingga matras. Karakter outsole sepatu indoor court yang rata dan tak bergerigi membuat daya cengkeram meningkat ketika kontak dengan permukaan lapangan yang halus.

3 dari 4 halaman

Sepatu Futsal Turf

Berbeda dengan indoor court, sepatu futsal jenis turf memiliki outsole bergerigi pada bagian telapaknya. Hal ini memang sesuai peruntukannya yaitu digunakan pada lapangan rumput sintetis.

Stud atau gerigi pada sepatu futsal berkode TF ini bertujuan untuk memperlebar daya cengkeram, sama seperti stud sepatu sepak bola. Hanya saja bentuknya lebih kecil dan berbahan karet.

4 dari 4 halaman

Gunakan Sepatu untuk Mendukung Kenyamanan

Setelah mengetahui jenis sepatu untuk digunakan sesuai lapangan, kamu juga memerlukan trik khusus dalam meningkatkan kenyamanan selama berolahraga. Salah satunya adalah menentukan ukuran sepatu yang tepat dan pas di kaki agar nyaman dan menurunkan risiko cedera. Idealnya, berikan jarak sekitar 1-1,5cm antara ujung sepatu dengan jari kaki agar tetap memiliki sirkulasi udara.

Kemudian perhatikan juga fleksibilitas sepatu. Hal ini penting untuk membantumu dalam mengontrol bola secara optimal sehingga performa kala bermain futsal pun juga semakin baik.

Sepatu memang elemen penting dalam olahraga futsal. Namun hal lain yang nggak kalah penting adalah menjaga tubuh terhidrasi saat futsal. Siapkan air mineral yang diambil dari pegunungan untuk membuat asupan air terjaga dan terhindar dari dehidrasi ketika bermain futsal.

Video Populer

Foto Populer