Sukses


Serba-Serbi Expected Goals, Statistik Pertandingan yang Jadi Standar Termutakhir di Sepak Bola

Bola.com, Jakarta Sepak bola modern bukan hanya sekadar permainan yang tersaji selam 90 menit di lapangan rumput. Di luar lapangan, sepak bola merupakan sebuah kultur yang menarik memiliki keterkaitan dengan aspek lainnya.

Salah satu aspek yang berkembang pesat akhir-akhir ini di ruang lingkup sepak bola adalah sport science serta football analyst. Kedua bidang tersebut berkembang sangat pesat hingga menjadikan sepak bola sebagai kombinasi industri dan olahraga yang semakin mutakhir tiap tahunnya.

Dari sektor football analyst, muncul sebuah bidang statistik baru yang kini dijadikan patokan dalam memprediksi alur pertandingan. Bernama Expected goals, data statistik ini penting dalam kemajuan sepak bola modern. Seperti apa?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Definisi Expected Goals

Secara sederhana, expected goals atau disingkat xG merupakan data yang berisi kemungkinan gol yang dicetak oleh seorang pemain atau tim. Data ini diambil berdasarkan jumlah peluang yang diciptakan sepanjang pertandingan. Dengan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan jika xG merupakan sebuah statistik yang berisi harapan terciptanya gol.

Setiap peluang yang tercipta memiliki nilai xG antara nol hingga satu. Angka nol artinya peluang tersebut tidak mungkin menjadi gol, sementara satu peluang itu pasti menjadi gol.

3 dari 4 halaman

Fungsi Expected Goals

Expected goals yang sudah tersusun kemudian dijadikan tolok ukur tajamnya seorang penyerang serta tim dalam menciptakan gol. Untuk itu, kini football analyst sangat sibuk menghitung xG yang nantinya bisa memberikan gambaran terhadap pelatih terkait strategi apa yang diterapkan ketika bertanding.

4 dari 4 halaman

Penerapan Expected Goals di Liga Top Eropa

Penerapan xG di liga sepakbola Eropa sudah sangat optimal. Besaran xG turut digunakan pelatih dalam meramu strategi serta memasang pemain yang diperkirakan akan cocok dengan skema permainan. Tak hanya itu, xG juga dijadikan sebuah nilai tambahan yang menentukan market value pemain. Tak jarang tim mengurungkan membeli seorang pemain karena dirasa xG yang dimilikinya terlalu kecil.

Sementara itu, xG juga sudah mulai menjelajah sepak bola virtual. Tercatat, gim simulai sepak bola yaitu Football Manager sudah memiliki fitur xG. Gim yang berfokus pada kiprah seorang pelatih sepak bola ini juga turut menyediakan xG untuk mempermudah pelatih dalam meramu strategi dan diterapkan pada pertandingan.

Sepak bola bukan cuma olahraga di atas lapangan. Banyak sisi keseruan yang tersaji di luar lapangan. Untuk itu, jangan lewatkan liga sepak bola dunia yang kini bisa disaksikan secara on demand melalui layar smartphone pribadimu.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer