Sukses


Cara Melakukan Handstand bagi Pemula dan Aspek-Aspek yang Perlu Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Handstand merupakan satu di antara gerakan senam yang terlihat cukup menantang dan susah dilakukan. Padahal, gerakan ini bisa dilakukan oleh semua orang jika memahami teknik yang baik dan benar.

Hanya, melakukan gerakan handstand tanpa teknik yang benar dapat meningkatkan risiko cedera. Maka itu, perlu persiapan lebih untuk melakukan gerakan ini.

Jika Anda ingin mencobanya, tentunya penting untuk melatih berbagai aspek, seperti kekuatan dan stamina. Baru kemudian variasinya ditingkatkan.

Selain itu, Anda perlu melakukan pemanasan sebelum melakukan handstand. Tanpa pemanasan, otot-otot Anda akan kaku dan kaget.

Berikut cara melakukan handstand bagi pemula dan beberapa aspek kecil yang perlu diperhatikan, disadur dari Klikdokter, Jumat (20/5/2022).

2 dari 4 halaman

Persiapan yang Perlu Diperhatikan sebelum Handstand

  • Pertama-tama, cobalah melakukan L-stand di dinding.
  • Saat berlatih handstand, bertumpulah pada kedua lutut dan kedua telapak tangan Anda, lalu kedua telapak kaki Anda harus menempel pada tembok.
  • Posisikan tubuh Anda seperti posisi yoga downward-facing dog, tetapi dengan tetap menempelkan kedua kaki pada tembok.
  • Setelah itu, perlahan-lahan lakukan gerakan berjalan sehingga telapak kaki makin menjauhi lantai.
  • Posisi akhir dari gerakan ini adalah tubuh membentuk huruf L dengan kedua telapak kaki di tembok dan telapak tangan pada lantai.
3 dari 4 halaman

Cara Melakukan Handstand

Berikut ini cara melakukan handstand untuk pemula yang bisa Anda coba:

1. Dimulai dari Posisi Downward-Facing Dog

Saat berlatih handstand, kaki harus diletakkan pada tembok. Perlahan-lahan, pindahkan tumpuan berat badan Anda ke kaki bagian depan sampai akhirnya bertumpu pada ujung jari.

Pada tahap ini, pastikan kedua telapak tangan pada jarak selebar bahu. 

2. Pindahkan Tumpuan Badan ke Tangan

Perlahan-lahan berjalanlah sehingga posisi kaki Anda makin menjauhi lantai dengan kedua lutut sedikit menekuk. Pada posisi ini, pindahkan tumpuan berat badan Anda perlahan ke tangan.

Jika tangan Anda sudah cukup kuat untuk menumpu berat, lanjutkan berjalan dan kuatkan otot bahu, dada atas, dan core.

3. Luruskan Satu Kaki Kaki

Cara melakukan handstand berikutnya adalah luruskan satu di antara kaki Anda. Hal ini dilakukan ketika tubuh sudah membentuk huruf L.

Pastikan arah kaki Anda sedikit memutar ke bagian dalam untuk mempertahankan posisi tulang belakang. Ujung kaki bisa dalam bentuk point ataupun "barbie doll". 

4. Langkah Terakhir, Angkat Kedua Kaki

Jika posisinya sudah pas, Anda bisa coba meluruskan kaki yang satunya.

Lantaran baru memulai gerakan handstand, sebaiknya Anda letakkan kedua ujung jari pada tembok supaya lebih stabil. Untuk turun dari posisi handstand, tekuk kedua lutut dan turunlah dengan melakukan gerakan cartwheel.

4 dari 4 halaman

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Handstand

Jarak Antara Kedua Tangan Jangan Terlalu Lebar

Posisi yang baik adalah ketika jarak antara kedua tangan selebar bahu. Jika lebih lebar, Anda akan mengaktifkan otot lain, yaitu tricep dan latissimus dorsi.

Hal tersebut mungkin akan membuat Anda mudah melakukan handstand, tetapi tidak dalam waktu lama dan posisi yang tepat.

Posisi Bahu Harus dalam Keadaan Terbuka

Jika bahu tertutup saat melakukan handstand, tulang belakang menjadi bengkok. Jadi, cara melakukan handstand yang tepat adalah memastikan bahu dalam posisi terbuka.

Walau bahu yang menutup memudahkan Anda melakukan gerakan, otot yang dibutuhkan menjadi lebih banyak sehingga Anda lebih mudah lelah.

Gunakan Otot Perut Anda Secara Maksimal

Satu di antara kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan handstand adalah kurang menggunakan otot perut dan membiarkan punggung melengkung.

Padahal, seharusnya otot perut bagian bawah diaktifkan dan pertahankan kekuatannya. Selain itu, posisi punggung yang tidak baik akan menyebabkan nyeri saat handstand.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 9/2/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer