Sukses


Pengertian Management Trainee, Tugas, Tanggung Jawab dan Keuntungannya

Bola.com, Jakarta - Saat Anda sedang mencari pekerjaan, pasti sering kali mendengar dibutuhkan lowongan untuk posisi management trainee. Management trainee adalah program yang diselenggarakan oleh perusahaan sebagai pelatihan bagi pegawai baru.

Program ini umumnya ditujukan untuk lulusan baru atau fresh graduate yang belum memiliki pengalaman. Maka dari itu, posisi ini cukup diidamkan oleh para fresh graduate.

Setelah lolos seleksi management trainee di suatu perusahaan, kamu akan diberikan pelatihan. Dalam pelatihan, kamu akan ditempatkan di berbagai departemen perusahaan.

Hal ini untuk melihat di mana potensimu paling berkembang, kemudian kamu akan ditempatkan di departemen yang paling kamu kuasai tersebut.

Agar lebih paham lagi, berikut pengertian, tugas, tanggung jawab dan keuntungan management trainee, disadur dari Liputan6, Rabu (25/5/2022).

2 dari 4 halaman

Pengertian Management Trainee

Management trainee adalah lowongan atau posisi yang dikenal juga dengan sebutan MT. Mengutip Quipper Campus, MT atau Management Trainee adalah sebuah program pelatihan manajemen dengan tujuan mendapatkan kandidat yang punya kualitas serta potensi untuk menempati posisi manajerial.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, management trainee biasanya ditujukan untuk fresh graduate atau lulusan baru.

Management trainee merupakan posisi yang tidak sembarangan. Nantinya orang tersebut akan menjadi manajaer di perusahaan. Maka itu, perekrutan management trainee memakan waktu dan seleksi yang panjang.

Dalam praktiknya, management trainee memberikan berbagai pelatihan terhadap seseorang, sehingga ia disiapkan untuk menjadi calon pemimpin perusahaan.

Hal inilah yang menjadikan fresh graduate menjadi sasaran perusahaan, karena mereka belum berpengalaman dalam bekerja. Hal ini memudahkan lulusan baru tersebut untuk dilatih dan fokus dengan pelatihan dari perusahaan.

Mengutip Jobstreet, program pelatihan manajemen atau management trainee adalah pelatihan yang biasanya berlangsung selama 2-3 tahun. Hal itu bertujuan untuk mengidentifikasi dan mempersiapkan kandidat berkualitas tinggi sebagai manajer di sebuah perusahaan.

Seiring dengan pelatihan khusus dan pembinaan yang diberikan kepada para management trainee, mereka akan dipindahkan dari departemen ke departemen berdasarkan penugasan.

Nantinya dalam penempatan tersebut kamu akan belajar dan mengamati proses bisnis yang sedang berlangsung. Hal ini memastikan bahwa para management trainee berpengetahuan luas dan menguasai berbagai macam keterampilan, yang mempersiapkan mereka untuk berkarir sebagai manajer di perusahaan tersebut.

3 dari 4 halaman

Tugas dan Tanggung Jawab Management Trainee

Bagi Anda yang sudah terpilih program Management Trainee ini, memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu. Mengutip Quipper Campus, tugas dan tanggung jawab management trainee adalah sebagai berikut:

  • Wajib mengikuti semua kegiatan yang sudah disusun mulai dari on the job training (OJT), review, hingga penempatan kerja.
  • Belajar alur kerja, cara menyelesaikan masalah, hingga strategi menjadi seorang manajer dari  mentor. Mentor dalam program Management Trainee adalah manajer yang sudah berpengalaman.
  • Memperoleh pembelajaran melalui pengamatan langsung.
  • Tugas utama peserta MT adalah mempelajari dan memahami, serta mengikuti cara kerja perusahaan yang mengadakan program MT itu sendiri. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki tatanan serta aturan yang berbeda untuk bisa berjalan dan berkembang.
  • Peserta MT juga harus mendukung kerja manajer sepenuhnya. Manajer bertugas melakukan perencanaan organisasi dan koordinasi, sementara peserta MT harus membantu manajer memenuhi tugasnya tersebut.
  • Terlibat dalam kegiatan riset yang dilakukan perusahaan.
4 dari 4 halaman

Keuntungan Management Trainee

Mengutip Skill Academy, berikut keuntungan mengikuti program management trainee di suatu perusahaan: 

Belajar Sekaligus Digaji

Selama mengikuti program MT, Anda akan mempelajari banyak hal karena akan ditempatkan di berbagai divisi dari perusahaan. Apalagi, Anda akan dibimbing oleh mentor yang berpengalaman, karena disiapkan sebagai pemimpin masa depan perusahaan tersebut.

Anda akan belajar banyak mengenai kepemimpinan, cara berpikir kritis dan kreatif, bekerja di bawah tekanan, teamwork, hingga cara mengajarkan serta mengarahkan orang lain. 

Namun, jika hanya belajar tentunya tidak jauh berbeda dengan perkuliahan. Perbedaannya tentu kamu belajar sekaligus digaji. Kamu juga bisa menerima beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan seperti tempat tinggal, konsumsi, transportasi, dan fasilitas lainnya.

Jenjang Karir Jelas dan Cepat Berkembang

Jenjang karir yang jelas dan perkembangan karir yang sangat cepat menjadi satu di antara keuntungan mengikuti management trainee. Hal ini karena program MT ini dilakukan untuk mempersiapkan manajer masa depan, Anda bisa menjadi manajer dalam waktu yang lebih cepat. 

Umumnya, untuk mencapai jenjang manajer diperlukan waktu lebih dari 5 tahun, namun melalui program MT, Anda bisa menjadi manajer dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun. 

Banyak Koneksi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam management trainee kamu akan dipindah-pindahkan dari departemen satu ke departemen lainnya dalam sebuah perusahaan.

Hal ini tentunya membuat Anda memiliki banyak rekan kerja yang tentunya sangat bermanfaat. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun relasi yang baik dengan mentor perusahaan.

Dari sini, Anda bisa belajar banyak hal dari orang lain dengan keahlian yang berbeda-beda. Memiliki hubungan yang baik akan memudahkan Anda jika memerlukan bantuan dalam menyelesaikan pekerjaan. 

 

Disadur dari Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi/Editor: Rizky Mandasari. Published: 28/12/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer