Sukses


Kejuaraan Selancar Dunia Digelar di Banyuwangi, Menpora Berharap Makin Banyak Event Olahraga Internasional Digelar di Indonesia

Bola.com, Banyuwangi - Kejuaraan selancar dunia bertajuk World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 digelar di Pantai Plengkung, Banyuwangi. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan tersebut yang menjadi satu di antara berbagai kegiatan olahraga level dunia yang diselenggarakna di Indonesia.

Menpora Zainudin Amali hadir di Banyuwangi untuk membuka secara langsung WSL Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung atau G-Land, Jumat (27/5/2022) petang.

Dalam sambutannya, Menpora memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang telah bekerja keras untuk menghadirkan kejuaraan level dunia di tengah masyarakat.

"Atas nama pemerintah, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang gigih untuk menyelenggarakan WSL Championship Tour 2022 yang menjadi sebuah kebanggaan," ujar Menpora Amali saat membuka kejuaraan tersebut.

WSL Championship Tour 2022 menjadi satu di antara gelaran olahraga level dunia yang digelar di Indonesia. Sebelumnya, Indonesia sudah lebih dulu menggelar MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika pada Maret 2022 dan bakal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

2 dari 4 halaman

Sesuai Arahan Presiden Jokowi

Menpora Zainudin Amali juga menegaskan bahwa pihaknya memang tengah mengembangkan industri terkait sport tourism dan sport industry.

Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, Menpora memang diminta menarik sebanyak mungkin kegiatan olahraga level dunia dan menyelenggarakannya di Indonesia. 

"Arahan Bapak Presiden Joko Widodo kepada saya untuk menarik sebanyak mungkin even dunia dapat dilaksanakan di Indonesia. Saat ini sudah ada WSL, World Beach Games, FIBA World Cup, FIFA World Cup U-20 dan banyak masih banyak lagi," ujar Menpora Amali dalam pembukaan acara yang diselenggarakan selama 9 hari ke depan ini.

 

3 dari 4 halaman

Mendorong Sport Tourism

Menpora Zainudin Amali juga menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia sedang mendorong olahraga pariwisata dan industri olahraga untuk mengembangkan industri nasional.

"Kami sedang mendorong sport tourism dan sport industry untuk pengembangan industri nasional. Jika dibandingkan negara lain, potensi sangat banyak tapi belum dikelola dengan maksimal," ujar Menpora Amali.

"Selain olahraga, kami juga mendorong industrinya untuk mendapat manfaat dari segi ekonomi, yaitu makin banyak turis yang datang," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Ikuti Negara Tetangga

Menpora juga berharap bakal makin banyak sport tourism yang dikemas menarik agar juga bisa mendatangkan wisatawan dari berbagai negara untuk berkunjung ke Indonesia.

"Saya mengakui kita belum mengandalkan sport tourism. Negara tetangga seperti Thailand sudah mendorong devisa datang dari sport tourism. Jika ada yang main golf, mereka sudah menyediakan satu paket, sudah banyak biro perjalanan yang membuatnya, sementara di Indonesia masih kurang," ujar Menpora.

"Semoga ke depan makin banyak paket sport tourism yang diadakan dengan kemasan yang lebih baik dan menarik wisatawan asing datang," lanjutnya.

Video Populer

Foto Populer