Sukses


4 Perbedaan Sepatu Sepak Bola Berbahan Authentic Leather dan Sintetis, Penting untuk Digunakan sesuai Posisi Bermain

Bola.com, Jakarta Bukan sekadar alas kaki, sepatu yang digunakan para pemain sepak bola adalah sepasang senjata utama dalam mengolah si kulit bundar. Hl ini pun membuat brand spesialis sepatu sepak bola menciptakan berbagai tipe soccer shoes yang secara spesifik dikhususkan untuk bermain di posisi serta role tertentu.

Bagi pehobi fun futsal dan mini soccer sekalipun juga memerlukan sepatu yang cocok sesuai gaya permainan. Hal ini penting untuk menjaga kenyamanan sekaligus memaksimalkan performa dalam si kulit bundar.

Dari beberapa jenis bahan sepatu bola, bahan authentic leather dan sintetis menjadi yang paling jamak ditemui di pasaran. Namun masih banyak player yang sulit membedakan kedua jenis sepatu ini dan efeknya pada permainan. Apa saja sih?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tekstur Permukaan

Perbedaan yang paling terlihat dari sepatu berbahan leather dan sintetis adalah tekstur permukaannya. Sekilas, sepatu bola berbahan authentic leather lebih kasar. Hal ini disebabkan pada pori-pori kulit yang memang sesuai bentuk aslinya. Berbeda dengan sintetis yang memiliki tekstur halus dan lembut.

3 dari 5 halaman

Aroma Khas yang Muncul

Seperti item berbahan authentic leather lainnya seperti tas dan jaket, sepatu bola memiliki aroma kulit yang khas. Aroma ini muncul dari reaksi kulit terhadap beberapa pengolahan produk mulai dari shaping hingga coloring.

Hal ini berbanding terbalik dengan sepatu bola berbahan sintetis. Sepatu jenis ini cenderung tak memiliki aroma alias netral.

4 dari 5 halaman

Ketahanan Upper

Secara kasat mata, ketebalan sepatu bola berbahan authentic leather lebih besar dibanding sintetis. Hal ini juga berpengaruh pada gesekan dan efek ketika digunakan. Bahkan upper sepatu bola berbahan authentic leather juga cenderung tahan api.

5 dari 5 halaman

Tipe Permainan

Kesimpulan yang bisa didapatkan dari perbedaan kedua jenis sepatu ini adalah soccer shoes berbahan authentic leather memiliki bobot yang lebih berat dan kenyamanan ekstra berkat tekstur empuk dan pijakan nyaman ketika digunakan. Hal ini membuat sepatu bola berbahan authentic leather cocok digunakan untuk pemain bertipe bertahan serta pengumpan.

Sementara itu, sepatu bola berbahan sintetis cenderung lebih ringan, nyaman, dan seolah menempel di kaki. Hal ini membuat sepatu jenis ini cocok digunakan untuk pemain berposisi winger yang gemar berlari dan melakukan manuver serta akselerasi tinggi.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer