Sukses


Macam-Macam Kebiasaan yang Bikin Gigi Sensitif dan Ngilu

Bola.com, Jakarta - Gigi sensitif atau ngilu bisa membuat Anda tidak nyaman. Belum lagi, bisa mengurangi kenikmatan saat Anda makan dan minum.

Biasanya, gigi sensitif dan ngilu Anda rasakan saat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, semisal minuman panas atau minuman dingin. 

Tak sekadar mengurangi kenikmatan Anda makan dan minum, tak jarang aktivitas sehari-hari menjadi terganggu akibat keluhan gigi sensitif.

Gigi sensitif terjadi ketika lapisan enamel yang berfungsi melindungi gigi tidak lagi berfungsi. Sebagai akibatnya, gigi akan 'terbuka' dan bisa terpapar oleh segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut, termasuk makanan, minuman, ataupun udara.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi sensitif, satu di antaranya adalah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Hal ini mungkin tidak Anda sadari. Itulah mengapa, penting bagi Anda mengetahui apa saja kebiasaan buruk tersebut.

Berikut macam-macam kebiasaan yang berperan pada terjadinya gigi sensitif, disadur dari Klikdokter, Kamis (16/6/2022).

2 dari 3 halaman

Kebiasaan yang Bikin Gigi Sensitif dan Ngilu

Menyikat gigi terlalu keras

Sering menyikat gigi terlalu keras? Awas, Anda berisiko lebih tinggi mengalami gigi sensitif. Sebab, gerakan menyikat gigi yang terlalu keras dapat mengiritasi gusi, meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang, dan merusak lapisan enamel pada gigi yang berujung pada gigi sensitif.

Pola makan tidak tepat

Mengonsumsi makanan mengandung gula berlebih dan minuman bersoda dapat menyebabkan terjadinya gigi sensitif. 

Hal ini karena jenis asupan tersebut membuat bakteri penyebab gigi berlubang menghasilkan asam yang mampu mengikis lapisan enamel gigi.

Akibatnya, gigi sensitif sangat mungkin untuk terjadi. Risiko terjadinya gigi sensitif akan makin meningkat jika kebersihan gigi dan mulut tidak terjaga dengan baik.

Bruxism

Pada sebagian orang, stres dapat memicunya untuk melakukan kebiasaan menggemeretakkan gigi atau bruxism. Kebiasaan ini dapat memberikan banyak tekanan pada gigi sehingga mampu mengikis lapisan enamel.

Selain itu, sering mengertakkan rahang bisa merusak sendi pada bagian tersebut dan menyebabkan gigi retak. Sebagai akibatnya, gigi akan menjadi lebih sensitif.

 

3 dari 3 halaman

Kebiasaan yang Bikin Gigi Sensitif dan Ngilu

Menggigit es batu

Bagi Anda yang punya hobi mengunyah atau menggigit es batu, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, mengunyah dan menggigit es batu dapat membuat lapisan enamel rusak sehingga menyebabkan terjadinya gigi sensitif dengan keluhan ngilu yang sangat mengganggu.

Membuka atau menggigit barang dengan gigi

Banyak orang yang mengandalkan gigi untuk membuka atau menyobek suatu benda. Kebiasaan ini berisiko tinggi menyebabkan gigi sensitif. 

Kebiasaan ini dapat memberikan terlalu banyak tekanan pada gigi sehingga lapisan enamel berpotensi mengalami kerusakan. Hal tersebut membuat perlindungan yang diberikan terhadap gigi tidak lagi efektif.

Menggunakan tusuk gigi

Tusuk gigi sering digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Hanya, jika digunakan tidak dengan sangat hati-hati, tusuk gigi justru dapat melukai jaringan gusi yang menyebabkan penurunan gusi. Hal tersebut akan memicu munculnya gigi sensitif.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 15/4/2019)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer